Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran VAK (Visualization,Auditory, Kinestetik) Terhadap Musikalitas Peserta Didik Sekolah Dasar

Alvia Rizqi Amalia(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh model pembelajaran VAK terhadap musikalitas peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan bentuk nonquevelent control grup desaign. Dengan mengumpulkan data meggunakan instrument berupa tes (pre-test dan post-test) yang mengacu pada rubric penilaian, observasi dan dokumentasi. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel independen dan variabel dependen berupa peningkatan kemampuan musikalitas peserta didik sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas 5 C sebagai kelas eksperimen dan kelas 5 A sebagai kelas kontrol SDN 1 Nagarasari kecamatan cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawabarat. Data hasil pre-test dan post-test diolah dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pengujian Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan musikalitas peserta didik yang lebih besar setelah diterapkan model pembelajaran VAK. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai data dari SPSS melalui uji Wilcoxon diketahui .Sig. (-tailed) pada kelasa eksperimen sebesar <.0,01 dan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 1.00. Selain itu, terdapat perbedaan peningkatan antara hasil belaajar kelas eksperimen hal itu tersebut terlihat pada nilai rata-rata sebesar 157,537 sementara untuk nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 96,53. Maka dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yang lebih besar. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran VAK berpengaruh dan lebih efektif digunakan dalam meningkatkan musikalitas peserta didik sekolah dasar.

 


Keywords


Model Pembelajaran VAK, Musikalitas, Peserta Didik.

References


Aldita.dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1. (1)

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14 ed). Jakarta: Rineka Cipta

Respati.R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Jurnal saung guru. Vol. VII No.2

Respati, R &Fuadah, U. (2018). Pembelajaran Ansabel Musik Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary education. Vol:, No. 1

Suyadi. 2009. Anak yang menakjubkan. Yogyakarta: Diva Press

Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar: Suatu tinjauan konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, Vol 4 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats