Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pengembangan Musikal Siswa Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya

Irva Isnadya Fadilla(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Musik merupakan stimulus bagi anak dalam segala hal termasuk kreativitas yang mampu melatih kerja otak anak, karena ketika mendengarkan lagu kedua otak akan bekerja dengan seimbang, otak kiri akan memproses lirik sementara orak kanan memproses musik. Melalui pendidikan seni music di sekolah dasar ini membantu mengasah kecerdasan musikal yang ada dalam diri anak melalui berbagai stimulus dan kegiatan Latihan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan pengetahuan peserta didik usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi terkait pelaksanaan pembelajaran pengembangan musikal siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket, dengan sampel 138 orang guru sekolah dasar di wilayah Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian terhadap pelaksanaan pembelajaran pengembangan musikal siswa berdasarkan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara berurutan dapat dikategorikan ke dalam kategori cukup baik (58%), kategori baik (39,1%), kategori cukup baik (39,9%). Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa (50%) guru sekolah dasar mampu melaksanakan pembelajaran pengembangan musikal dengan cukup baik.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats