PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENULIS TEKS NARASI TEMA KELUARGA PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Assyifa Ainunnisa(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan menulis khususnya menulis teks narasi ini sudah dilaksanakan di sekolah dasar namun hasil tulisan peserta didik belum di analisis sebagai capaian hasil belajar. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat hasil belajar pada siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian yakni mendeskripsikan isi, skruktur dan kebahasaan teks dari penerapan metode mind mapping dalam menulis teks narasi tema keluarga pada kelas VI di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI dengan jumlah peserta didik yakni 10 peserta didik. Penelitian ini mengukur hasil tulisan teks narasi peserta didik dengan aspek penilaian teks narasi yakni : aspek isi, struktur dan Kebahasaannya. HasilĀ  penelitian menunjukan peningkatan pada ranah aspek pada setiap siklusnya. Dengan metode mind mapping dalam menulis Teks Narasi peserta didik dapat mengembangkan idenya lebih luas sehingga pembelajaran lebih menarik serta dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan data hasil penelitian penulis merekomendasikan penggunaan metode mind mapping ini dalam menulis teks narasi tema keluarga pada kelas VI sekolah dasar.


Keywords


Menulis Teks Narasi, Metode Mind Mapping.

References


Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838-849.

Feny, F. (2019). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SDN 50 Bulu'Datu Kota Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Gunawan, K. M. (2019). Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Narasi Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Pasundan 1 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Gunawan, T. A. (2018). Pembelajaran Menceritakan Kembali Teks Narasi (Imajinasi) Dengan Menggunakan Metode Students Fasilitator And Explaining Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Pasundan 1 Cimahi Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Kosasih, E. (2020). 22 Jenis Teks dalam Pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Bandung: Yrama Widya.

Mulyaningsih, R. (2020). Efektivitas Penerapan Pemaduan Strategi Afeksi Dan Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi.

Purnamasari, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris Dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Jetis 4 Nusawungu Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Pbsi-Fkip).

Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).

Saragih, J. N. (2020). Efektivitas Teknik Discussion Starter Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Narasi Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Saraswati, A. I. Meningkatkan Keterampilan Menuliskan Kembali Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii G Di SMPN 7 Jember.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Mux Method (2nded.). Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukmawan, S., Setyowati, L., & Nurmansyah, A. (2017). Mendayagunakan genre sastra flash fiction untuk menulis teks argumentasi. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 6(1), 84-95.

Syamsi, K. (2009). Inovasi model pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pendidikan/Dr.% 20Kastam% 20Syamsi,% 20M.% 20Ed./Inovasi% 20Model% 20Pembelajaran% 20Bahasa% 20Indonesia. pdf.

Pujiatna, T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Fiksi Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2012/2013. Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).

Widodo, A. P. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think Talk Write Dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Vb Sd Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats