Analisis Nilai Karakter Kejujuran Pada Permainan Tradisional Congklak Siswa Sekolah Dasar Kelas III

Dinda Kemala Apsari(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti memilih salah satu permainan tradisional yaitu Congklak yang menjadi media pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran di kelas, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran dapat membentuk karakter kejujuran, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter kejujuran siswa sekolah dasar kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan masih terdapat dua diantara enam siswa yang belum menerapkan kejujuran dalam bermain Congklak. Dengan bobot presentase siswa D sebanyak 33% dan siswa F mendapatkan bobot persentase sebanyak 66% karena tidak memenuhi indikator yang telah ditentukan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu melestarikan permainan tradisional Congklak serta dapat meningkatkan karakter kejujuran siswa melalui permainan tradisional Congklak.

Keywords


kejujuran; nilai karakter; permainan tradisional Congklak

References


Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Sosial Budaya, 9(1), 121-136.

Christianti, M. (2007). Anak dan Bermain. Jurnal Club Prodi PGTK UNY, 1, 3-4.

Elan, E., Sapriya, S., & Abdulkarim, A. (2018, November). Development of Values Transformation Modes of Local Wisdom of Baduy Culture to Form Student Character Through Civic Learning in Elementary School: A Study of Attitude of Elementary School Students in Kasepuhan Citorek Adat Area, Lebak Regency, Banten Province. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) (pp. 559-564). Atlantis Press..

Jainuddin, J. (2010). Mengenal Permainan Rakyat Nusantara. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Jais, M., Zalfa, G., & Natuna, D. A. (2022). Permainan Congklak sebagai Media Peningkatan Karakter Jujur pada Anak Laki-Laki Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10951-10958.

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. [Online]. Diakses melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Rukiyah, R. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Melalui Permainan Tradisional. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(1), 65-70.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Tedi, W. (2015). Perubahan Jenis Permainan Tradisional Menjadi Permainan Modern pada Anak-Anak di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau. Jurnal Sl Sosiologi, 3(4).

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats