Pengaruh Pembiasaan Mendengarkan Lagu Wajib Nasional Terhadap Kemampuan Musikalitas Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Siska Dwi Lestari

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.12255

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh dari pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional terhadap musikalitas peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain Pre Experimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest, adapun pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes yang mengacu pada rubrik penilaian dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas 5 SDN Nyantong. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan musikalitas peserta didik setelah dilakukan treatment pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data dari SPSS melalui uji paired sample t test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan treatment dan setelah dilakukan treatment dengan nilai rata-rata pre-test kemampuan musikalitas sebesar 71,30 sedangkan untuk post-test kemampuan musikalitas sebesar 118,90. Maka dapat disimpulkan bahwa pada rata-rata nilai post-test lebih besar. Hal tersebut menunjukan bahwa dengan pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik.

Kata Kunci: Pembiasaan mendengarkan lagu, kemampuan musikalitas, peserta didik

References

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Cohen, L. Manion, L. & Morrison, K. (2007). Research Methods In Education. New York : Routledge.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Irawana, T. J. & Desyanri. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 1 (3), 222-232.

Mudjilah, H, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak. 1-12.

Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Jurnal : Saung Guru , 7 (2), 109-115.

Respati, R. (2018). Pembelajaran Ansambel Musik untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), hlm. 2597-4866.

Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal : Ilmu Pendidikan , 1 (3), 177-184.

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal : Ilmiah Sustainable, 2 (2), 154-175.

Tarigan, A. O. dkk. (2021). Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Anak. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 8 (4), 818-826.

Widyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yunitasari, S. (2018). Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Permainan Alat Musik Bellyra pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Panggungrejo Kecamatan Tulungagung. (Skripsi). Institut Agama Islam, Tulungagung.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles