Pengembangan bahan ajar berbasis power point cepat pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD

Authors

  • Ilham Awaludin PGSD Ikip Siliwangi
  • Deden Herdiana Altaftazani PGSD Ikip Siliwangi
  • Uus Kuswendi PGSD Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.12349

Keywords:

Pemahaman, bahan ajar berbasis power point cepat, problem based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis power point cepat pada materi IPS, kelayakan bahan ajar berbasis power point cepat, respon siswa terhadap bahan ajar berbasis power point cepat, pemahaman siswa SD kelas IV yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar berbasis power point cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D oleh Borg and Gall. Data yang dikumpulkan menggunakan catatan lapangan, lembar validasi, angket respon siswa dan tes tulis. Proses pengembangan bahan ajar berbasis power point cepat menggunakan pendekatan problem based learning ini dilakukan dengan 8 tahap yaitu: 1)  pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) validasi produk. 4) Uji coba terbatas, 5) revisi produk jika ada yang kurang dari bahan ajar, 6) uji coba luas, 7) revisi produk akhir, 8) final produk. Hasil validasi ahli bahan ajar menunjukan presentase 89% yang artinya sangat baik dan hasil validasi ahli materi menunjukan presentase 92% yang arinya sangat baik juga. Hasil penelitian peningkatan pemahaman siswa menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan baik pada saat uji coba terbatas maupun luas yaitu ∠ 0,05 dengan memperoleh hasil 0,00. Begitu juga dengan peningkatan pemahaman siswa pada saat uji coba terbatas dan luas memperoleh hasil rata-rata 0,70 hasil tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis power point cepat dengan menggunakan pendekatan problem based learning ini dapat meningkatan kemampuan pemahaman siswa.

References

Alighiri, D., & Drastisianti, A. (2018). Pembelajaran Multiple Representasi. 12(2), 2192–2200.

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl), 1(1), 141–150. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945

Azman, M. K., Wedi, A., & Husna, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Kehidupan Masyarakat Pada Masa Pra Aksara Di Indonesia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 132–141. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p132

Handayani, I. D. A. T., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. 5, 1–12.

Hidayah, N. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. 3, 1–21.

Hidayat, N., Rostikawati, R. T., & Marris, M. H. A.-A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Komik Webtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Kelas Xi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 4, 318–324.

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Kurniawan, A. D. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1), 8–11.

Maslina, A. A., Saputro, B., & Kusumawati, E. R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 70–80.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Putri, T. N., & Puspasari, D. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis CASE ( Creative , Active , Systematic , Effective ) pada Mata Pelajaran Korespondensi. 4(3), 4956–4967.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (n.d.). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) Salsabila Al Muthi ’ in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. 1–6.

Tanti, D. A., & Naniek, W. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 Sd. 2(1), 194–204.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Yulaika, Nina Fitriya, Harti Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles