Pengembangan media aplikasi live worksheet pada materi daily routines untuk meningkatkan english listening skill siswa kelas V SD

Authors

  • Yosua Puji SD Kristen BPK Penabur Bandung
  • Hana Sakura Putu Arga IKIP SILIWANGI
  • Zaqiyah Lailatul Farihah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.12436

Keywords:

Media Live Worksheet, Materi daily Routines, English Listening Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengembangan media live worksheet pada materi daily routines untuk meningkatkan english listening skill siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan english listening skill siswa ketika diterapkannya media live worksheet. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata english listening skills kelas sebesar 92,18 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar  100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum.

References

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Julianto dan Khurnia Utami. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Surabaya. UNS.

Liz Spooner dan Jacqui Woodcock. (2010). Teaching Children to Listen. London: Continuum International Publishing.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles