Pengembangan bahan ajar berbantuan power point dengan menggunakan talking stick untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD

Authors

  • Afifah Fauziah PGSD IKIP Siliwangi
  • Ruli Setiyadi PGSD IKIP Siliwangi
  • Medita Ayu Wulandari PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.12538

Keywords:

Media PowerPoint, Model Talking Stick, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Tujuannya adalah untuk mengembangkan media powerpoint menggunakan model talking stick yang memiliki kualitas layak atau valid, praktis dan efektif diterapkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan 8 tahap model Borg & Gall yang disederhanakan. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh hasil penelitian yaitu nontes meliputi wawancara, observasi pembelajaran, studi dokumentasi, angket validasi ahli, angket respon siswa, dan tes keterampilan menulis puisi. Hasil penelitian adalah: (1) mengetahui proses pengembangan media powerpoint dengan menggunakan model talking stick; (2) media dinyatakan layak setelah di validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi dengan kriteria sangat valid; (3) respon siswa yang diberikan terhadap pembelajaran dengan menggunakan media yang dikembangkan dinilai dengan kriteria baik; (4) hasil keterampilan menulis siswa pada uji terbatas dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pada pretest 72 dan nilai pada posttets 85. Kemudian  pada uji diperluas didapat rerata nilai pretest 76 dan posttest 87. Karena pada nilai posttest lebih tinggi nilainya dari pada nilai pretest, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD.  

References

Akbar, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Office Powerpoint dalam Model Problem Based Learning Mupel IPS di Kelas IV A SDN Karang Ayu 02 Kota Semarang. Skripsi, 154.

Bagus, T., Khuzaini, N., Mercubuana, U., Hasil, U. M., Matematika, M. P., & Belajar, H. (n.d.). PENGEMBANGAN PROGRAM BERBASIS.

Fadhilah, N., Nurdiyanti, Anisa, & Wajdi, M. (2022). Integrasi STEM- Problem Based Learning melalui Daring Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 6(1), 1–10.

Farhan, M., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Problem Based Learning On Literacy Mathematics : Experimental Study in Elementary School. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 118–128.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (Samt) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 223.

Hasan Lubis, A., & Darwis Dasopang, M. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 05(06), 780–791.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49.

Nur yudha, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani, 7(2), 149–159.

Rahmi, S. M., Arif Budiman, M., Widyaningrum, A., & Kunci, K. (2019). LOGO Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185.

Sari, A. P., Nasirun, M., & Suprapti, A. (2017). Penerapan Media Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas Anak Kelompok B2 Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 126–130.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77.

Zamrodah, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS DI SMP. 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles