Pengaruh motivasi belajar terhadap pembentukan karakter mandiri peserta didik kelas IV SDN Cikate

Authors

  • Usi Susilawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarip HIdayat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.13538

Keywords:

Motivasi belajar, Karakter mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pembentukan karakter mandiri peserta didik. Karakter mandiri menjadi bahasan utama atas permasalahan yang banyak terjadi di lingkup usia sekolah dasar. Rendahnya tingkat kemandirian peserta didik dalam aktivitas pmbelajaran, memiliki hubungan sejajar dengan motivasi belajar yang menjadi dasar yang mendorong dan menggerakan peserta didik memiliki karakter mandiri. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengkaji hubungan antar variable penelitian. Penelitian ini dilakukan di SDN Cikate Sukabumi, sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengkaji korelasi antar variable adalah angket denggan menggunakan rating scale. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif dan inferensial dalam aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan karakter mandiri peserta didik. penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan karakter mandiri peserta didik kelas IV SDN 1 Cikate. Motivasi mempengaruhi kemandirian peserta didik sebesar 32,2%. Kekuatan hubungan antara motivasi dengan karakter mandiri peserta didik termasuk kategori sedang. Semakin tinggi motivasi pada diri peserta didik maka semakin tinggi pula karakter mandiri peserta didik.

Author Biographies

Usi Susilawati, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa PGSD UPI Tasikmalaya

Syarip HIdayat, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen S1 PGSD dan Ketua Prodi S2 PGSD

References

Akhir, M. (2021). The Implementation Of Character Education In Indonesian Language Learning For Class Va Students At SD Inpres Parangrea , Bajeng District , Gowa Regency , South Sulawesi. 6(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Cohen, T. R., & Morse, L. (2014). Moral Character: What it is and what it does.

Creswelll, C. W. J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Informa tion and Modeling (Vol. 53, Issue 9). SAGE Publication, Inc.

Dhamayanti, M., Rachmawati, A. D., Arisanti, N., Setiawati, E. P., Rusmi, V. K., &Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A review of the motivation theories in learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376

Gunawan, I. (2017). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Islamiyah, S., & Sobri, A. Y. (2019). Correlation between Implementation of Character Education Strengthening and Teacher ’ s Teaching Behavior with Student ’ s Character Formation. 382(Icet), 607–612.

Kusnoto, Y. (2018). Internasilisai Nilai-nilai Pendidikan karakter Pada Satuan pendidikan. Sosisal Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 4 (2), 247-256.

Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. 7(3), 20–41.

Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4 (1).

Prasetyo, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57

Prasetyaningtyas, F. W. (2020). Pembelajaran Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Seni Di SD Negeri Pandeanlamper 02 Semarang. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 5(1), 56–66.

Raihan, I. C. (2020). Factors That Influence the Character of Students in School. 105–114. https://doi.org/10.36941/jesr-2020-0050

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Peserta didik. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, I (1), 189–212.

Sekarwana, N. (2017). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak “ ICAST-C †versi Bahasa Indonesia. JKP, 5(3), 280–289.

Septiana, W. O. A., & Sholeh, M. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 33–40. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/view/13582

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (27th ed.). Alfabeta

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles