Pengembangan media video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan berpikir kritis siswa materi perubahan wujud benda dan sifatnya di kelas V sekolah dasar

Authors

  • Khoirin Nisa PGSD IKIP Siliwangi
  • Duhita Savira Wardani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.14247

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menalaah proses dan hasil pengembangan media video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva, untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva, kendala-kendala yang ditemui pada saat pengembangan media video pembelajaran, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development). Metode R&D merupakan metode penelitian yang dipakai untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk itu. Dalam suatu penelitian dibutuhkan instrumen penelitian sebagai alat bantu pengumpulan data. Instrumen yang dikembangkan dan digunakan dalam penelitian ini berupa catatan lapangan, lembar validasi produk, wawancara, observasi, angket serta lembar tes soal. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap media video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva yaitu dengan menilai baik dan layak digunakan, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil respon peserta didik dilihat dari hasil uji coba terbatas memperoleh presentase 76,25%, sedangkan respon peserta didik pada hasil uji coba luas memperoleh presentase 76,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa sangat baik terhadap media video pembelajaran canva sehingga berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi para peserta didik dan guru agar dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik agar tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. Upper Saddle River, NJ:Prentice-Hall.

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media video pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Skripsi. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 3.

Rahmawati, Rina. (2021). Pengembangan Media Video Interaktif untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Sisw di Kelas V di SD Negeri 60 Moncongloe Lapara. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara, h. 121.

Wekke, Suardi Ismail. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.

Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remidial:Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainal, Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles