ANALISIS MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Erni Nurjanah(1*)

(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Mutiara Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 4 Pasirhalang serta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jumlah sampel 10 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara terhadap siswa dan guru, dokumentasi dan test. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan Skala Likertl dengan Teknik pengolahan data berdasarkan rumus presentase. Berdasarkan analisis, Minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 4 Pasirhalang dari 10 siswa yang menjadi sampel penelitian minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika, mulai dari indicator perasaan senang, perharian, ketertarikan dan keterlibatan menunjukkan presentase dibawah 40%, maka dapat diketahui bahwa minat belajar siswa dapat dikatakan masih rendah. Dan hasil belajar dapat diketahui bahwa 10 siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 2 siswa yang memperoleh hasil belajar kategori rendah (20%), dan sebanyak 5 siswa memperoleh hasil belajar kategori sedang (50%), serta 3 siswa yang memperoleh hasil belajar kategori tinggi (30%), maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Pasirhalang adalah sedang. Guru diharapkan memperhatikan dan selalu meningkatkan minat belajar siswa agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, dan siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas belajarnya.

 

Kata Kunci       : Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika


Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 41–46.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1).

Amir, Zubaidah., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika (pertama). Aswaja Pressindo.

Azzahra, L. Z. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Sage Publication, Ed.; Cetakan Pertama). Pustaka Belajar.

Dewi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif (Student Fasilitator and Explaining) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Negeri 96 Carangki Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.

Fadilla, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat teradap Hasil Belajar Matematika Siswa. MATLINE Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fahradina, N., & Ansari, B. I. (2014). Jurnal Didaktik Matematika Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–62.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (n.d.). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. MATHEMA JOURNAL E-ISSN, 3(2), 2021.

Fitrianingrum, L. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Siswa Kelas V di MI Muammadiyah Karanglo Kecamatn Cilongok Kabupaten Banyumas.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika Sekola Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu.

Hanipa, A., Robi Misbahudin, A., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5).

Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V11 1 SMP Negeri 5 Yogyakarta pada Pokok Bahasa Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot.

Made Suarjana, I., Pt Nanci Riastini, N., & Gst Yudha Pustika, I. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. In International Journal of Elementary Education (Vol. 1, Issue 2).

Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 27–31.

Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Pane, Aprida. D. M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).

Prayuga, Yugi. P. A. A. (2019). Minat Belajar Siswa dalam Pembelaran Matematika. Journal Homepage, 1052–1058.

Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Minat Belajar Anak di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2).

Qalbi Tayibu, N., Andi Nurul Faizah, dan, Inspeksi Kanal Aroepala-Gowa, J., Makassar, K., Selatan, S., Studi Sistem Informasi, P., & Tinggi Bina Adinata Jalan Srikaya No, S. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Sekola Dasar. Fakultas MIPA Universitas Lampung, 225–238.

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kulia Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 249–265.

Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed . https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12.1323

Sobari, F. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jonggol.

Soenarjo. (2017). Matematika 5 SD dan MI Kelas 5 (Departemen Pendidikan Nasional, Ed.).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D (Sutopo, Ed.; edisi kedua). Alfabeta.

Tohimin Apriyanto, M., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 135–145.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210–219.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma, 3(2), 95–118.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i6.14532

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats