Meningkatkan hasil belajar matematika materi sudut pada siswa kelas IV menggunakan model problem based learning berbantuan media jam sudut

Authors

  • Mauidhotul Hasanah SDN SEPANJANG JAYA 1 BEKASI
  • Sylvia Rabbani PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.14788

Keywords:

Media, jam, matematika, PBL

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar  siswa kelas 4 sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman materi jenis sudut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Matematika jenis sudut pada siswa kelas 4 SD dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan jam sudut. Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Kelas 4 di SDN Sepanjang Jaya 1 Kota Bekasi yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun instrumen pada penelitian ini Lembar observasi digunakan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Matematika materi jenis sudut menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media jam sudut. Dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan Media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Matematika materi jenis sudut pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Selain itu, siswa belajar lebih bermakna, membuat siswa belajar untuk lebih memahami materi jenis sudut berdasarkan hasil pengalaman belajarnya, menyenangkan, aktif serta bersemangat..

References

Ardiyanto, P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD N Bandung Tahun Ajaran 2020/2021.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta. Jakarta

Binangun H. H.& Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika).Vol.1, No.2, pp.204–214.

Fauzan, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27–35

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1)

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers. Jakarta.

Hosnan, M. 2014.Pendekatan Saitifik dan Kontekstual.Jakarta:Ghalia Indonesia.

Mayasari, N., Junarti, Puspananda, D. R., & Amin, A. K. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut Dalam Pembelajaran Matematika Di Sd. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 12–26

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212-219.

Susanto,A.2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenamedia Group.Jakarta

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles