Upaya meningkatkan hasil belajar IPA tema 3 tentang sistem pencernaan manusia dan hewan menggunakan model cooperative learning tipe STAD (student teams achievement divisions) pada siswa kelas V SDN Cipada

Authors

  • Aldi Nurhudaya Suparman Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.15184

Keywords:

Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Pada manusia dan Hewan, STAD.

Abstract

Abstract

This research is motivated by the situation of students using conventional learning models, so that the learning atmosphere becomes passive so that it affects student learning outcomes. This study aims to improve students' natural science learning outcomes through the Cooperative Learning Type STAD model on the digestive system of humans and animals in Theme 3. The research method used was Classroom Action Research (PTK) for 2 cycles with a sample of 34 students of class V. Data collection techniques in this study used observation, interviews, questionnaires and tests. The results of the study in cycle I obtained a cognitive value of 37% and cycle II to 63%, an increase of 26%, affective value in cycle I of 60% and cycle II to 70%, an increase of 10%. As well as a psychomotor score of 60% and in cycle II it became 69%, an increase of 9% based on the results of the study, the STAD type Cooperative Learning model can improve science learning outcomes on the digestive system material in humans and animals in class V students for the better.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi keadaan siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang konvensional, sehingga suasana belajar menjadi pasif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi sistem pencernaan manusia dan hewan pada Tema 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus dengan sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai Kognitif sebesar 37% dan siklus ke II menjadi 63% mengalami peningkatan sebesar 26%, Nilai Afektif pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II menjadi 70% mengalami peningkatan sebanyak 10%. Serta nilai psikomotor sebesar 60% dan pada siklus II menjadi 69 % mengalami peningkatan sebanyak 9% berdasarkan hasil penelitian maka model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan pada manusia dan hewan pada siswa kelas V menjadi lebih baik.

References

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., Anugraheni, I., Pgsd, ), Universitas, F., & Satya Wacana, K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354

Ayi Mulyana, 145060130. (2018). PERBANDINGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2018-. http://fkip.unpas.ac.id/

Desra Angraini, C., Islam Negeri Raden Intan Lampung Jalan Endro Suratmin, U., & Lampung, B. (2019). Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 65–75. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3928

Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112.

Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214

Huda;, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis /Miftahul Huda. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7761&keywords=

Husna, Farhana; Awiria; Nurul, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Johariah, B. S. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 3(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/393

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43–52. https://doi.org/10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V17I1.22906

Nugroho Widiantono, N. H. (2017). View of Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. SCHOLARIA, Vol 7 No 3, 2. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/929/555

Rahayu, S. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, October 2017, 1–14.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., Asti, N., Siregar, N., Raja, M., Haji, A., & Riau, K. (2020). EFEKTIFITAS MODUL ELEKTRONIK TERINTEGRASI MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI IKATAN KIMIA. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Rasyid Karo-Karo, isran S. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Santoso. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PURWANTORO WONOGIRI, JAWA TENGAH. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 5(1), 15–19. http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/245

Saputra, S., Mawardi, M., Azwir, A., & Afkar, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Konsep Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, 1(1), 302–309. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/76

Setyawan, B., Noor Fatirul, A., Buana Surabaya, A., Mangkurejo, J., Timur, J., Menanggal Utara, J., & Artikel, R. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan, 7(1), 286912. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V7N1.P78--90

Siti Rusmilah, D., Yusuf, Y., & Jaenudin, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTUAN ALAT PERAGA TANGKIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 120–126. https://doi.org/10.30605/PROXIMAL.V5I1.1642

Sudjana;, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar / Nana Sudjana. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6027

Sulastri, S. (Sulastri), Imran, I. (Imran), & Firmansyah, A. (Arif). (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(1), 113571. https://www.neliti.com/publications/113571/

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles