Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep nilai-nilai pancasila siswa kelas V sekolah dasar

Authors

  • Asri Safitri IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15232

Keywords:

model problem based learning, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Penerapan kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PBL (problem based learning) dalam penerapan kemampuan pemahaman konsep pada kelas V Sekolah Dasar. Secara umum permasalahan yang terjadi adalah terkadang mata pelajaran PPKN ini disepelakan oleh siswa. Sesuatu yang disepelekan akan berdampak kepada hasilnya. Alhasil pencapaian tujuan dan hasil yang diinginkan pun kurang maksimal, maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunakan model problem based learning untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelasakan upaya yang dilakukan dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi nilai-nilai Pancasila. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar Negeri 2 Batujajar, yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep PPKN. Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, peneliti menentukan berbagai instrument penelitian. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran nilai-nilai Pancasila menggunakan model problem based learning berjalan dengan baik.

References

Ahyar, A., Sihkabuden, S., & Soepriyanto, Y. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn). JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 74–80. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p074

Aiman, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran CooperativeLearningModel Picture and Picturedi MIN 2 Sleman. Pendidikan Madrasah, 3(1), 159–168.

Damhuri, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sdn 021 Sitorajo Kiri. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1), 19. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4872

Drs. Samsul Maarif, M. P. (2018). Penggunaan Variasi Model Problem Based Learning Dan DiscoveryLearning Untuk Meningkatkan Pemahaman Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup BangsaDalam Pembelajaran Pkn. 22–38.

Erliasari, S. (2016). Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Nomor 3, 2, 402–405. https://media.neliti.com/media/publications/259097

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689

Inovasi, J., & Sd, P. (2018). e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Volume 1, Tahun 2018. 1.

Kristanto, E. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep PKn pada Materi Keputusan Bersama degan Strategi Pembelajaran Debat Aktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1), 350–356.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3, 93–102. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1284

Rahman, M. T. (2019). Penggunaan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Simbol dan Makna Pancasila pada Tema Cita-Citaku di Kelas IV SDN Babatan Babatan Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(05), 3413–3467. https://123dok.com/document/ye17le4z-penggunaan-media-kartu-domino.html

Sa’diyah, C., Tika Damayani, A., & Fita Asri Untari, M. (2015). Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edusentris, 2(1), 12. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.156

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Sinurat Negeri, Y. S., Mandoge, B., & Asahan, kab. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS. V(2), 99–106.

Sopia, S., Nurhaedah, & Hamka, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pengamalan Sila- Sila Pancasila Kepada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 2, 128–135.

Sumardjoko, B. (2015). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKN Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal VARIDIKA, 25(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v25i2.726

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V Sdit an-Nadwah Bekasi. Pedagogik, 6(2), 109–116. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1603/1372

Usman, A., & Wibowo, D. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Media Charta Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 186–201. http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/download/87/163

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo.

Wijayanti, A., & Hardini, A. T. A. (2021). Problem Based Learning: Application as an Effort to Increase Activeness and Critical Thinking Skills of Class IV Elementary School Students. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 22. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112168

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles