Penerapan model RME (Realistic Mathematic Education) untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15440Keywords:
Model RME (Realistic Mathematic Education), Kemampuan MatematisAbstract
Penerapan kemampuan matematis merupakan salah satu kemampuan untuk memahami konsep, sehingga siswa dapat mendefinisikan konsep, mengidentifikasi dan memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep dasar perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa RME (Realistic Mathematic Education) dalam penerapan kemampuan matematis matematika perkalian sekolah dasar. Secara umum siswa SD kurang memahami mengenai perkalian, bahwa perkalian itu penjumlahan berulang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Maka dengan adanya peneliti ini menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif Kualitatif,yang memungkinkan peneliti menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya materi perkalian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD di SDN 2 Batujajar, yang berjumlah 24 siswa. Dimana terdapat 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada aplikasi, hasil yang diperoleh adalah peningkatan rata-rata hasil tes kemampuan matematika. Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, berbagai instrumen penelitian ditentukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari perkalian. Model pembelajaran model RME ini berjalan dengan baik.
References
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 4(2).
Fajriah, N., & Sari, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2291
Ferdianto, F., & Ghanny, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Euclid, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.343
Karjiyati, V., Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yuliantini, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Model RME Pada Perkuliahan Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.49-56
Lesmana, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Didactical Mathematics, 4(1), 119–126. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Mellynia Fitriani, R., Anggita, K. P., Fauzan, Y., Hayatun S, S. N., Millenia, J. D., Devyta, M. T., & Nurfadillah, S. (2021). Analisis Pembelajaran Anak Aphasia dan Diskalkulia Pada Siswa Di SD N Jatake 4. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 506–513. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Miftahuddin, M., Arofah, F., & Salatiga, I. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 2622–7282. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Oktafiani, W., Budiarti, M. R., Solekha, S., Yulistia, T. F., Oktaviani, O. M., & Widodo, S. (2018). Trans Model Mathematics Education (T2Me) Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Berbantuan Teknik Subatsaga Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.9347
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Retnowati, D. (FKIP U., & Murtiyasa, B. (Staf P. U. S. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 14–23. http://hdl.handle.net/11617/3253
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Studi, P., Matematika, P., Kudus, U. M., Matematika, J., & Semarang, U. N. (2019). PENERAPAN Info Artikel Abstrak. 10(4).
Sumarno, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 10–27.
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Winarti, W., Hamdani Maula, L., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Perkalian Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4289
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.