Analisis dampak pemberian reward terhadap motivasi belajar anak pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelas rendah

Authors

  • Sisilia Krismona Putri

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.17011

Keywords:

Reward, Analisis, Motivasi

Abstract

Reward dalam pendidikan adalah hal yang tidak asing didengar. Dalam pembelajaran dan pembiasaan kedisiplinan, metode Reward  sering diterapkan untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar siswa mampu mencapai cita-cita yang diinginkan salah satunya adalah dalam prestasi belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Reward  terhadap minat belajar siswa atau motivasi siswa  kelas bawah di SD Mardi Yuana Depok tahun ajaran 2021/2022 . Populasi dan sampel yang diteliti adalah siswa kelas satu SD Mardi Yuana Depok. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,. Untuk menguji instrumen dan mengambil kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemberian Reward  layak digunakan untuk menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas satu.Hasil dari penelitian ini adalah Reward d berdampak positif dalam meningkatkan  motivasi atau minat belajar untuk mencapai prestasi yang ingin dicapai pada siswa ketika siswa diberikan reward siswa menjadi senang dan berusaha menunjukkan sikap positif yaitu kenginan untuk mau belajar dan mau mencoba hal-hal baru yang belum pernah dicoba  memiliki motivasi yang besar Adapun bentuk reward  yang diberikan yaitu kalimat pujian, penghargaan, hadiah, penghormatan dan tanda penghargaan.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles