Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17134Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat membaca dan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah kemampuan membaca siswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dimana penulis mendasarkan pada sumber-sumber data atau referensi yang berbentuk teks dari pendapat para ahli yang telah diformulasikan dalam bentuk buku, jurnal, maupun yang lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa adalah setiap siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok kemudian memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis pada lembar kerja siswa.
Â
Kata Kunci: Metode CIRC, Kemampuan membaca siswa.
Â
References
REFERENSI
Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529
Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35.
Hermawan, R. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164
Ni Kadek Sudiarni, M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.
Pratita, I. I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (DOKKAI) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Asa, 4, 1–11. http://journal.unesa.ac.id/index.php/asa%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2475
Sumarni, Y. (2013). Metode Cooperativeintegrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Dialektologi, 53(1), 84–96. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Wibowo, D. H. (2016). Cooperative Integrated Reading Composition (Circ): Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bacaan Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 21(1), 68–77. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art7
Yulia Rahmi, I. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.