Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17148Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini Nonrandomized pretest-posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas V SD Tambahmulyo 01 yaitu kelas V A dan V C. Teknik pengumpulan datanya adalah tes dan nontes, teknik tes menggunakan soal pemahaman konsep matematika sedangkan teknik nontes menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01. Hal ini terbukti dari hasil uji paired sample t-test, didapatkan hasil sebesar 0.03 < 0.05 artinya H0 ditolak, artinya bahwa Model PBL berbantuan media video pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.