Pengembangan media pembelajaran rumput silam (rumah putar siang dan malam) pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ummu Jauharin Farda Wahid Hasyim University
  • Fitria Martanti Wahid Hasyim University
  • Fiki Nissa Wahid Hasyim University

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.17297

Keywords:

Pengembangan, Rumah Putar Siang dan Malam, IPA.

Abstract

Media pembelajaran Rumah Putar Siang dan Malam ini merupakan media atau alat peraga berupa sebuah rumah yang dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar IPA di kelas. Rumah putar ini berisi materi pelajaran IPA yang membahas tentang proses terjadinya siang dan malam. Adapun pada media ini juga digambarkan bagaimana kenampakan alam pada siang dan malam hari dan juga dampak terjadinya siang dan malam yaitu pembagian waktu di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan media oleh pendidik dan peserta didik MI Al Hikmah, (2) untuk mengetahui kevalidan dari media pembelajaran rumah putar siang dan malam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumupulan penelitian melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tenik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Rumah Putar Siang dan Malam pada Mata Pelajaran IPA kelas VI MI Al Hikmah dinyatakan sangat layak untuk di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 91, nilai rata-rata 4,5 dan meperoleh persentase kelayakan sebesar 91%. Sedangkan ahli materi memperoleh skor 73, nilai rata-rata 4,8 dan memperoleh persentase kelayakan sebesar 97,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Rumah Putar Siang dan Malam pada Mata Pelajaran IPA kelas VI MI Al Hikmah dinyatakan “sangat layak†untuk di ujicobakan pada pembelajaran di kelas khususnya kelas VI MI Al Hikmah Tembalang Kota Semarang.

References

Asyhari, Ardian dan Helda Silvia. (2016). Jurnal: Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Bandar Lampung. 9

BNSP. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor. "Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan". Jakarta: BNS.

Cholid, Nur. (2015). Pengembangan Multimedia. Semarang: Fatwa Publishing. 27-28.

Hamid, Hamdani. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, Bandung : Pustaka Setia. 223.

Hasan, Iqbal. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. 29.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII, No. 2, 2010. 2

Muhammad Ulin Nuha, Ma’as Shobirin, U. J. F. (2022). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. MUALLIMUNA: JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 7(2), 47–56. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/5967

Mulyanta dan Marlon Leong. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Atma Jaya. 2.

Nugraha, Mohammad Fahmi et.all. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher. 4-6.

Nuraeni, R., Permana, R., & Nugraha, M. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Tingkat Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. Cendekiawan, 2(2), 88–94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.186

Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 204

Shobirin, M. A. (2016). Konsep dan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan/Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. cet. 7. 199

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta. 2017. 28.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta). 395.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI. 6

Widoyko, S. Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 49-50.

Downloads

Additional Files

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles