Analisis sikap mandiri dalam proses pembelajaran tema 4 hidup bersih dan sehat kelas II SD N Gajahmungkur 04
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17344Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mandiri siswa dalam proses pembelajaran tema 4. Lingkungan yang bersih dan sehat menurut indikator kemandirian yaitu inisiatif, percaya diri, motivasi, disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SD N Gajahmungkur 04 Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam membentuk sikap mandiri dalam proses pembelajaran. Terbukti pada awal pendampingan mengajar siswa cenderung kurang mandiri, ketika menerapkan indikator kemandirian dari setiap siklusnya terdapat perkembangan diantaranya siswa yang percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan bercerita di depan kelas. inisiatif membantu teman, bertanggung jawab dalam tugasnya, disiplin dalam menaati peraturan dan dorongan, penghargaan dan motivasi dari guru sangat penting dalam proses pembelajaran untuk membentuk sikap mandiri siswa.
Kata kunci: Sikap mandiri, proses pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.