Penanaman nilai empati melalui aplikasi “Teman Disabilitas” di SD islamic leader school

Authors

  • Amanda Aulia Rahmatika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarip Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17419

Keywords:

Empati, Aplikasi, Disabilitas Fisik

Abstract

This research is a research on the development of the “Teman Disabilitas†application to instill the value of empathy for people with physical disabilities. The purpose of the research is to find out the need for applications based on the value of empathy for disability in elementary schools, develop and describe the form of application designs based on the value of empathy for disabilities in elementary schools, conduct trials of application products based on empathy values for disabilities in elementary schools, and produce a form of the end of the application product based on the value of empathy for disabilities in elementary schools. The method in this research is Design Based Research according to Reeves. This research was conducted at SD Islamic Leader School. The stages in this research are (1) principles and collaborative problem and practice analysis, (2) prototype development as a solution based on existing design, and technological innovations, (3) iterative testing cycle and solution refinement in practice, and (4) cycle improvement and refinement of solutions in practice. The types of data collection used are interviews, questionnaires, observations, and Values Clarification Test. The final product of this research is the “Teman Disabilitas†application. This research trial was conducted before and before using the “Teman Disabilitas†application using the Values Clarification Test. Based on data analysis, there was an increase in the empathy value of students before and before using the "Teman Disabilitas" application.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan aplikasi “Teman Disabilitas†guna menanamkan nilai empati kepada disabilitas fisik. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kebutuhan aplikasi berbasis nilai empati terhadap disabilitas di Sekolah Dasar, mengembangkan dan mendeskripsikan bentuk rancanagan aplikasi berbasis nilai empati terhadap disabilitas di Sekolah Dasar, melakukan uji coba produk aplikasi berbasis nilai empati terhadap disabilitas di Sekolah Dasar, dan menghasilkan bentuk akhir produk aplikasi berbasis nilai empati terhadap disabilitas di Sekolah Dasar. Metode pada penelitian ini yaitu Design Based Reseacrh menurut Reeves. Penelitian ini dilakukan di SD Islamic Leader School. Adapun tahapan pada penelitian ini (1) identifikasi dan analisis masalah dan praktisi secara kolaboratif, (2) pengembangan prototype sebagai solusi yang berdasarkan desain, prinsip, dan inovasi teknologi yang ada, (3) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik, dan (4) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan Values Clarification Test. Produk akhir penelitian ini berupa aplikasi “Teman Disabilitasâ€. Uji coba penelitian ini dilakukan pada saat sesudah dan sebelum menggunakan aplikasi “Teman Disabilitas†menggunakan Values Clarification Test. Berdasarkan analisis data adanya peningkatan nilai empati peserta didik pada saat sesudah dan sebelum menggunakan aplikasi “Teman Disabilitasâ€.


References

Albrecht, G. L., Bickenbach, J., Mitchell, D. T., Schalick III, W. O., & Synder, S. L. (2006). Encyclopedia of Disability.

Andrianie, S., & Ramli, M. (2018). Pengembangan Paket Bimbingan Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2).

Bakti, T. R. S., Apriliya, S., &, S. (2018). Buku Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal Kelom Geulis Tasikmalaya untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 232-241.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Belajar. Penerbit Laksita Indonesia.

Desy, N. P., Dewi, S., Tirtayani, L. A., Ganing, N. N., & Dasar, J. P. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Dwiyanti, I., Supriatna, A., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: A Review. Jurnal SIMETRIS, 10(1).

Fatmawati, D. (2021). Makna Hidup Pasangan Tuna Wicara Dalam Mewujudkan Keluarga Bahagia Di Desa Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Firmansyah, Y., Jayanti, W. E., Maulana, M. S., Sasongko, A., & Prasetya, I. (2021). Implementasi Model Prototype pada Sistem Informasi Pelayanan Donor pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(4), 420. https://doi.org/10.26418/justin.v9i4.50433

Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wati, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Samudra Biru.

Irsyadi, F. Y. A., Annas, R., & Kurniawan, K. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78–92.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Retrieved August 15, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/7bdf2592741007e

Kennedy-Clark, S. (2015). Reflection: Research by design: Design-based research and the higher degree research student. Journal of Learning Design, 8(3). https://doi.org/10.5204/jld.v8i3.257

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2016). Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. UNDIP Press.

Listanti, A., Harmianto, S., & Sriyanto, S. (2017). Analyzing Students’ Discrimination in Primary School. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(1), iii–14.

Martini, N., & Yulyana, E. (2018). Aksesbilitas Pemilu Bagi Penyandang Disabilitas di Kecamatan Karawang TimurKabupaten Karawang Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Jurnal Politikom Indonesiana, 3, 163–178.

Nabawiyah, N. S., Lestari, S., Hasan, M., Ainin, D. T., Sa’odah, A. F., Hasrin, A., Ramayani, N., Syah, I. M., Haris, I., Paulina, A., Rajagukguk, U. N., Haloho, I. A., Hasanah, N. N., Sari, M., & Seto, S. (2021). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori Dan Praktis). www.penerbitwidina.com

Nisa, U. (2021). Stigma Disabilitas di Mata Orang Tua Anak Difabel di Yogyakarta. INKLUSI, 8(1), 75. https://doi.org/10.14421/ijds.080106

Nugraha, R. S. , S. H. G. (2017). Desain Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. In Indonesian Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Prihatini, A. (2021). Komunikasi Intrapersonal Penyandang Disabilitas mengenai Persepsi Stigmatisasi dan Diskriminasi. Universitas Pasundan.

Putri, S. A. (2021). Pemberdayaan Disabilitas Fisik pada Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Kota Makassa.

S. Samsinar. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 13, 194–205.

Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 1(1).

Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 80. https://doi.org/10.23916/08408011

Sasiwi, N. H. E. (2016). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendidikan Karakter.

Siswantari, H., & Mukarromah, N. (2021). Video Animasi Cerita Wayang Tokoh Yudhistira Sebagai Alternatif Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Proceeding UMSurabaya, 1(1). https://www.timesindonesia.co.id/,

Sonia, Y. T. A. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Tunarungu-Wicara (Studi Kasus di SDN 16 Desa Bandar Agung Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan).

Suparman, E. S. K. (2019). Mobile Learning To Learnings: Function And Benefits. International Journa L Of Education, Information Technology And Others (IJEIT), 2, 96–102.

Susilo, M. A., & Suwahyo. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment (Development Of Learning Media Based On Android Applications To Increase Cognitive Learning Results In-Wheel Alignment Learning). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(2), 91–98.

Syafira, W. N. (2021). Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Negeri 18 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354

Widiyani, U. (2022). Peran Guru Ips Dalam Menanamkan Sikap Empati Dan Kepedulian Sosial Kelas Xi Sman 1 Slahung Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Wijayaningputri, A. R., Mukhlishina, I., & Danawati, M. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Cerita Anak Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di SD Muhammadiyah 8 DAU. 1(1).

Yapandi, Marmawi, Mawardi, & Sabri, T. (2019). Mengimplementasikan Pendidikan Nilai Tauhidullah, Integrasi, Empati Dan Peduli Terhadap Prilaku Altruisme. IAIN Pontianak Press.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles