Efektivitas model pembelajaran numbered heads together (NHT) berbasis assessment for learning ditinjau dari kemandirian belajar matematika siswa
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17434Keywords:
model pembelajaran NHT, assessment for learning, kemandirian belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model pembelajaran numbered heads together (NHT) berbasis assessment for learning ditinjau dari kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain one-gorup pretest posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 32 siswa. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes. Instrument pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar matematika berupa angket skala likert rentang 1 sampai 5. Teknik analisis menggunakan uji normalitas sebagai uji prasyarat, uji statistik paired samples test untuk melihat perbedaan rata-rata hasil angket kemandirian belajar awal dengan rata-rata akhir angket kemandirian belajar, dan uji N-gain score untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan model pembelajaran NHT berbasis assessment for learning. Hasil penelitian ini yaitu: 1) hasil uji normalitas memperoleh skor signifikansi angket awal dan akhir secara berturut-turut sebesar 0,90 dan 0,2. Hal ini menunjukkan bahwa skor signifikansi lebih besar dari 0,05 yang artinya bahwa kedua data berdistribusi normal; 2) Kemudian hasil uji statistik paired samples test diperoleh  dan , sehingga  , yang artinya bahwa rata-rata skor kemandirian belajar akhir lebih besar dari rata-rata skor kemandirian belajar awal; 3) dan terakhir dari hasil uji N-Gain diperoleh skor sebesar 0,364 yang artinya bahwa tingkat keefektifan masih tergolong rendah. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa walaupun model pembelajara NHT berbasis assessment for learning memiliki tingkat keefektifan yang rendah namun model ini efektif untuk mengukur kemandirian belajar matematika siswa dikarenakan dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru secara mandiri.
References
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching For Student Learning Becoming An Accomplished Teacher. Routledge.
Cazan, A. M. (2012). Enhancing self regulated learning by learning journals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 33(2012), 413–417. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.154
Chen, C. S. (2002). Self-regulated learning strategies and achievement in an introduction to information systems course. Information Technology, Learning, and Performance Journal, 20(1), 11–25.
Crawford, A., Saul, E. W., Mathews, S., & Makinster, J. (2005). Teaching and learning strategies for the thinking classroom. RWCT International Consortium.
Eliserio, D. (2012). Self-Regulated Learning and Mathematics Achievement in a Fourth Grade Classroom. DORTDT University.
Fauzi, A., & Widjajanti, D. B. (2018). Self-regulated learning : the effect on student’s mathematics achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1–7.
Fauzi, A., Widjajanti, D. B., Widodo, A., & Umar, U. (2020). Developing the Set of Mathematics Learning Materials Based on NHT Model With Peer Assessment. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.024
Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.338
Hunter, W. C., Dieker, L. A., & Whitney, T. (2016). Consultants and Coteachers Affecting Student Outcomes with Numbered Heads Together: Keeping All Engaged. Journal of Educational and Psychological Consultation, 26(2), 1–14.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Leasa, M., & Corembima, A. D. (2017). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability. Journal of Physics: Conference Series, 795, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Lie, A. (2010). Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo.
Lu, J., & Law, N. (2012). Online peer assessment: Effects of cognitive and affective feedback. Instructional Science, 40, 257–275. https://doi.org/10.1007/s11251-011-9177-2
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Stiggins, R., & Chappuis, J. (2005). Using student-involved classroom assessment to close achievement gaps. Theory into Practice, 44(1), 11–18.
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Walle, J. A. Van De, Karp, K. S., & Williams, J. M. B. (2010). Elementary and Middle School Mathematics-Teaching Developmentally (7th ed). Pearson Educational, Inc.
Wibowo, P. A., Budiyono, & Subanti, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Assessment For Learning (Afl) Melalui Penilaian Teman Sejawat Untuk Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Smp/Mts Se-Kabupaten Magelang Tahun Pela. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7), 691–700.
Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Teacher in Educational Research, 1(1), 1. https://doi.org/10.33292/ter.v1i1.3
Yuningrih, D. (2016). Meningkatkan kemandirian belajar matematika melalui metode jigsaw bagi siswa kelas XII AP semester gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 2(5), 69–75.
Zumbrunn, S., Tadlock, J., & Roberts, E. D. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), October, 1–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.