Pengembangan media pembelajaran diorama dengan menggunakan model project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD materi ekosistem

Authors

  • Ratih Nurtiansyah PGSD IKIP SILIWANGI
  • Duhita Savira Wardhani PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.17440

Keywords:

Diorama, Project Based Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman konsep siswa kelas V terhadap materi pembelajaran ekosistem. Penyebabnya adalah karena keterbatasan media untuk menjelaskan materi ekosistem. Penelitian  ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development). Dimana produk yang dikembangkan adalah diorama menggunakan model project based learning. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan penggunaan diorama dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dan dibuktikan  dengan hasil pretest dan post test baik pada uji terbatas maupun uji luas.  Berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari pemberian instrument soal pre test dan post tes oleh peneliti kepada murid kelas V SDN Karangmekar Mandiri 1. Penelitian dilakukan kepada 24 orang dengan nilai pre test terendah adalah 25 dan nilai pre test tertinggi adalah 80 dengan nilai rata-rata pre test adalah 53,4. Setelah pengerjaan proyek pembuatan diorama, maka dilakukan post test, dan nilai post test terendah adalah 55 dan nilai tertinggi adalah 95, dengan nilai rata-rata adalah 78,3

References

Agustin, Mubiar dan Yoga Adi Pratama. 2021. Keterampilan Berpikir dalam Konteks Pembelajaran Abad ke-21 Kajian Teoritis dan Praktis Menuju Merdeka Belajar. Bandung: Refika Aditama.

Aidil, Abrar. 2018. Pengembangan Media Diorama Siklus Hujan Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Tersedia Online: https://repository.unja.ac.id/3828/ [11 November 2021]

Amaliah, MD, Feri Agustin dan Joko Sulianto. 2017. Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tersedia Online : DOI: 10.20961/paedagogia.v20i2.9850 Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20 No. 2,Agustus Tahun 2017 http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia p-ISSN 0126-4109 ; e-ISSN 2549-6670 [ 10 November 2021]

Arsyad, Azhar. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kelana, Jajang B dan Duhita Savira. 2021. Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon : Edutrimedia Indonesia.

Kurniyanti, Ratih. 2018. Keefektifan Pjbl Diorama Ekosistem Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa. Tersedia Online: .http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38032 [25 Oktober 2022]

Putra, I Kadek Dwi dan Ni Wayan Suniasih. 2021. Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Tersedia : Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran Volume 5 Nomor 2, 2021, pp 238-246 E-ISSN: 2615-6091; P-ISSN: 1858-4543 DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2 [ 9 November 2021]

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles