Implementasi computational thinking melalui model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran IPA di SD

Authors

  • Anisa Usmathul Jannah Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Cintya Hasthiolivia Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Moh Nur Azis Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Christiyanti Aprinastuti Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17454

Keywords:

implementasi, computational thinking, problem-based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi computational thinking melalui model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran IPA kelas VB di SD Kanisius Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Kalasan yang beralamat Jl. Solo KM.13, Kringinan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di kelas VB dengan jumlah 25 peserta didik dengan 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran dan angket peserta didik. Hasil penelitian ini peserta didik senang dengan pembelajaran yang mengimplementasikan computational thinking dan dapat membuat alat penjernih air sederhana.

References

Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1553 Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Implementasi Project Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 52–61. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2761 Beecher, K. (2017). COMPUTATIONAL THINKING: A beginner’s guide to problem-solving and programming. BCS Learning & Development Ltd. http://shop.bcs.org/ Hermawan, H. (2020). Modul Pelatihan Computational Thinking Ilmu Pengetahuan Alam (Sekolah Dasar). Universitas Pembangunan Jaya. Hunsaker, E. (2022). Computational thinking. Computing Handbook: Two-Volume Set, 1–12. https://doi.org/10.1201/b16812-3 Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 Critical thinking View project Teaching for Critical Thinking View project (Issue January 2021). https://www.researchgate.net/publication/347646698 Marifah, S. N., Mu’iz L, D. A., & Wahid M, M. R. (2022). Systematic Literatur Review: Integrasi Conputational Thinking dalam Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia. COLLASE (Creative of Learning Students …, 5(5), 928–938. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12148 Mulyanto, A., Rusyda, Y., & Nirwanputri, G. S. (2020). COMPUTATIONAL THINKING PADA PENDIDIKAN DASAR DAN Inst it ut Teknologi Bandung. December. Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. Nurasiah, Paristiowati, M., Erdawati, & Afrizal. (2023). Integration Of Technology In Problem-Based Learning To Improve Students Computational Thinking : Implementation On Polymer Topics. 04(02), 65–73. Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291 Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN KEBON BAWANG 03 JAKARTA. 08. Salehudin, M. (2023). MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING BAGI GURU MADRASAH Mohammad Salehudin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda , Indonesia PENDAHULUAN Untuk memperbaiki nilai PISA Indonesia , maka salah satu yang akan di perkuat pe. 10(2), 407–425. Sampurna, A., & Prasetia, M. R. (2022). Context Of Computational Thinking Skills. 64–79. Susanty, M. (2019). Berpikir Komputasional dan Pemrograman dengan Python. 190. www.penerbitsalemba.com Syarifuddin, M., Risa, D. F., Hanifah, I. A., & Nurussa’adah. (2016). Experiment computational thinking : upaya meningkatkan kualitas problem solving anak melalui permainan gorlids. 3(6), 1–15. Wijanto, M. C., Tan, R., Sujadi, S. F., Panca, B. S., Toba, H., Yulianti, T., Budi, S., Santoso, S., Widjaja, A., Nathasya, R. A., Kurniawati, G., & Karnalim, O. (2021). Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.15 Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles