Pengembangan media smart board hybride learning version 2.0 berbasis primary education level interactive class untuk meningkatkan kemampuan communication and collaboration menghadapi era merdeka belajar

Authors

  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17533

Keywords:

pembelajaran Tematik, Smart Board Communication And Collaboration, Era – Post Pandemic Covid 19

Abstract

Abstrak

Latar belakang dan Urgensi dalam penelitian ini adalah tingkat Communication And Collaboration  siswa SD di perkotaan khususnya di Kabupaten Sidoarjo  masih terbilang minim, yaitu hanya sebesar 18-22 % dari rata-rata siswa di dalam kelas yang mampu berfikir kritis saat PBM berlangsung hasil responden guru yang dilakukan oleh peneliti via google form angket 2021, hal ini terjadi karena rendahnya keterampilan siswa dalam hal bertanya, menanggapi, mempresentasikan serta berdialog sesama siswa pada saat proses pembelajaran serta masih sulit nya dalam menyampaikan pendapat atau opsi jawaban kepada guru pada saat pembelajaran maupun saat diskusi dan belum mampu memahami konsep abstrak pada pembelajaran Tematik (data hasil penelitian Pandu Hermawan Tahun 2018). Sedangkan kedepan tantangan di Era Merdeka Belajar mewajibkan setiap individu memiliki keterampilan berfikir kritis dalam berbagai bidang yang multidisipliner.  Dilapangan ditemukan kembali sebuah data dari permasalahan pada sisi rendahnya ketrampilan proses Communication And Collaboration  siswa kelas IV  SDN Wonosari yaitu sebesar 68% siswa di kelas IV mengalami kesulitan dalam proses berfikir kritis saat PBM dari total 26 siswa didalam kelas, data ini berdasarkan hasil observasi peneliti yang dilakukan pada tanggal 6 Desember 2021 . Kesimpulan dari  penelitian ini adalah adanya pengembangan Media Smart Board berbasis Interactive Hybrid Classroom dapat untuk meningkatkan ketrampilan Communication And Collaboration  siswa SD .

 

Author Biography

Feri Tirtoni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan

References

Atwi Suoarman ,2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia.

Borg & Gall..2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif. New York: MacMilllan Publishing Company

C. Asri Budiningsih .2010. Pendekatan Communication And Collaboration . Jakarta: Universitas Indonesia.

Cucu Suhana 2014. Guru Profesional: Untuk Pendidikan Bermutu. Bandung: Geografi Edu.

Djhiri, Dasim budimansyah dan supriya .2013. Kurikulum Berserta Model dan Pengajaran nya di SD, Jakarta: Bumi Aksara.

Frank Bobbit. 2017. Media Pendidikan dan Pengajaran Inovatif dalam Era Merdeka Belajar. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Geralach & Ely .1998. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Bandung: Adicita Karya Nusa.

Jackson, Philip W. 1991. Handbook of Research on Curriculum. New York: MacMilllan Publishing Company.

Jurnal Online Lentera pendidikan Setyawan Budi : 2017 dengan judul â€Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Era Distrubsi Budaya Dan Gadgetâ€, Volume II Tahun 2016.

Mantja, W. 2015. Media innovative berbasis eksploding boks berbasis saintyfic. Malang: Elang Mas.

Mastiono.2016. Tematik di SD tantangan dan inovasi di era Multidimensi. Surakarta: Fairuz Media.

Miles, M B dan Huberman, A. 2010. Blanded Clasroom di Era Pembelajaran Digital. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Miles, M B dan Huberman, A. 2010. Kemampuan Berfikir Kritis Pada Anak Usia Sekolah Dasar . Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyasa. 2014. Kurikulum 13: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sujana, 2005, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter Literasi di Sekolah, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.

Norris and Ennis ,2007. Inovation Curriculum: Reading for Developing Quality Educational Programs. (Ninth Edition). Boston: Pearson.

Plomp, Khabibah, 2006 Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya .

Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter Berbasis Critical Thinking. Jakarta:Prestasi Pustakarya.

Suhardan, D. 2009. Manejemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sutama. 2010.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles