Implementasi model CIRC dengan media power point terhadap keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas VI

Authors

  • Vina Anggia Nastitie Ariawan SDN Bantarmangu 01 Cimanggu
  • Uus Kuswendi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17653

Keywords:

ide pokok, media power point, model CIRC, sekolah dasar.

Abstract

Salah satu tujuan membaca intensif yaitu untuk mempermudah siswa dalam menemukan ide pokok suatu paragraf. Namun, keterampilan menemukan ide pokok masih menjadi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menemukan ide pokok siswa kelas VI melalui model CIRC dengan media power point. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri dari langkah pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan penelitian ialah siswa kelas VI yang berjumlah 33. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan triangulasi sedangkan analisis data mengadaptasi analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menemukan ide pokok siswa kelas VI yang dibuktikan melalui peningkatan rata-rata per siklus yang meliputi 70,75; 80,55; dan 85,57. Berdasrkan hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa implementasi model CIRC dengan media power point dalam meningkatkan keterampilan menemukan ide pokok siswa kelas VI.

References

Ariawan, V.A.N., Utami., N.T., & Rahman. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model CIRC berbantuan media cetak. Jurnal Al Aulad, 1 (2), 95-105. Ayuningrum, S. (2022). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia materi gagasan pokok paragraf di SD Islam Pb Soedirman Jakarta. Edunomika, 6 (2), 3-9. Castles, A., Rastle, K., & Nation, K. (2018). Ending the reading wars: Reading acquisition from novice to expert. Psychological Science in the Public Interest, 19 (1), 5-51. Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui model flipped classroom berbantuan media power point dan audio visual di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 1928-1934. Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Bandung: Remaja Rosdakarya. Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Metode Inkuiri sebagai alternatif peningkatan kemampuan membaca intensif pada Ranah Kognitif C1, C2 dan C3. Jurnal Basicedu, 5 (3), 1111-1119. Fadhilah, U., Sutansi., & Zainuddin, M. (2020). Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading an composition pada siswa kelas IV. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 28 (1), 34-41. Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan media slide powerpoint dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1 (1), 61–78 Hamouda, A.M.S., & Tarlochan, F. (2015). Engaging engineering students in active learningand critical thinking through class debates. Procedia Social and Behavioral Sciences, 191, 990-995. Kandupi, A. (2021). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi menentukan ide pokok paragraf dengan teknik membaca intensif di SD Negeri Bambalo. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8 (2), 241-255. Kendeou, P., dkk. (2014). A cognitive view of reading comprehension: Implications of reading difficulties. Learning disabilities research and practices, 29 (1), 10-16. Kintsch, W. (2012). Psychological models of reading comprehension and their imolication for assessment. Dikutip dari buku Measuring up: Advances in how we assess reading ability. Rowman and Littlefield Education. Kurniawati, E., Sutarjo, A., & Wardana, D. (2019). Analisis kesulitasn siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 dalam menentukan ide pokok. Kalimaya, 7 (2), 1-13. Marlina, M. (2015). Peer mediated intervention for improving social skills of children with learning disabilities in inclusive elementary school. Jurnal Pedidikan Humaniora, 2 (4), 368-382. Motallebzadeh, K. (2011). Integrating emailing tasks into EFL reading comprehension calssrooms. Journal of Language Teaching and Research, 2 (4), 881. Nurhaliza, U., Habudin, & Mansur. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Pondok Jagung 01 Serpong Utara. IBTIDAI, 6 (1), 95-104. Piliandini, Y. (2022). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model CIRC pada pembelajaran tematik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6 (5), 8886-8896. Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin, 9 (1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283 Rahayu, S., & Sidiqin, M.A. (2019). Pengaruh teknik membaca intensif terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam artikel KPK Batman yang Lelah pada siswa kelas XII SMA Swasta Paba Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16 (2), 103-111. Rahman, Sopandi, W., Widya, R.N., & Yugafiati, R. (2019). Literacy in the context of communication skills for the 21st century teacher education in primary school students. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3 (1), 101-108. Santika, Y., Kurniaman, O., & Antosa, Z. (2019). Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas V SD Negeri 003 Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar, 3 (2), 306-312. Shalima, I. (2014). Paragraf dan Wacana. Klaten: PT Intan Pariwara. Shoimin, A. (2017). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruz Media. Walipah, E., Rahman, Sopandi, W., & Sujana, A. (2020). School Literacy Movement in the Industrial Revolution Era 4.0 in Building Speed Reading Skills. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2 (1), 1763-1770

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles