Meningkatkan kemampuan kosakata bahasa inggris siswa kelas 6 menggunakan collecting and processing words strategy di SDIT Azkiya 1 Rambay

Authors

  • Anisa Alawiyyah STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17743

Keywords:

Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris, Collecting and Processing Words Strategy

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Kosakata Siswa Melalui Strategi Mengumpulkan dan Mengolah Kata Kelas VII SDIT Azkiya 1 Rambay Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah strategi ini dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan dengan siswa tanpa perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design, objek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 20 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil post test berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 81,20 untuk kelas eksperimen, dan 72,40 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil pengujian IBM SPSS Statistics Version 22 dengan menggunakan nilai signifikansi 0,05. Hasil signifikansi 0,000 > 0,05 maka dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan teori strategi mengumpulkan dan mengolah kata (Herrell dan Jordan, 2001) dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas VI SDIT Azkiya 1 Rambay dengan menggunakan collecting and processing word strategy.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles