Meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi model project citizen

Authors

  • Muhamad Furqon Al Hadiq STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17744

Keywords:

Project Citizen, Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Model Project Citizen dalam pembelajaran Konsep Dasar PPKn serta dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Implementasi dilakukan dalam tiga pertemuan dengan melibatkan enam langkah, yaitu mengidentifikasi masalah, pemilihan masalah sebagai fokus kajian, pengumpulan data informasi terkait masalah, pembuatan portofolio kelas, penyajian portofolio, dan refleksi atas pengalaman belajar. Data kemampuan berpikir kritis mahasiswa dikumpulkan melalui pretest dan posttest.

 

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Model Project Citizen. Skor posttest mahasiswa menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan skor pretest, dan terdapat peningkatan yang konsisten pada skor maksimum dan minimum. Hasil analisis statistik juga menunjukkan bahwa data pretest dan posttest terdistribusi normal serta memiliki varian yang sama.

 

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Project Citizen efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Model ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah masyarakat, mengumpulkan informasi relevan, menganalisis data, serta menyajikan hasil kajian melalui portofolio. Penekanan pada proses berpikir kritis dalam pembelajaran ini memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan keterampilan berpikir mahasiswa.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles