Penggunaan model role playing berbantuan media audio visual untuk menigkatkan keterampilan berbicara pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.18047Keywords:
Keterampilan berbicara , Model bermain peran, Audio visualAbstract
Penelitian ini bermula dari kenyataan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dengan kemampuan berbicara, khususnya mereka yang belajar bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas III di SDN Sukamaju. Hasil pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, wawancara, dan tes sebagai bagian dari metode campuran penelitian. 35 siswa kelas 3 SDN Sukamaju tahun pelajaran 2022–2023 dijadikan sebagai subjek penelitian. Peserta laki-laki 21 orang dan perempuan 14 orang. Berdasarkan hasil implementasi diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui dongeng menghasilkan peningkatan skor rata-rata hasil tes keterampilan berbicara dengan kategori sangat baik. Dari skor rata-rata 58 menjadi 81,42. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat secara signifikan ketika menggunakan model bermain peran dengan penggunaan media audio visual.
References
Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. Pedagogik, 5(2), 44–56.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 296–304. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324
Miftah F. P. Putra. (2017). Jurnal Pembelajaran Olahraga http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index Volume 3 Nomor 1 Tahun 2017.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648
Sholihah, A. M., Iriawa, S. B., & Heryanto2, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 52–62. http://herdy07.wordpress.com
Sugiyono, P. D. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI (MIXED METHODS). Alfabeta.
Suhandi, Y. D. (2018). Penerapan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Drama Untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 92. https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.24854
Suhaylide, I. S. (2018). Metode Bermain Peran Dalam Penerapan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 03(02), 39–43.
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.412
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.