Penerapan model pembelajaran problem based-learning berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 11 IPS 1 SMAN 1 Wanasaba

Authors

  • Ayu Dahlia Ayu Dahlia Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.18214

Keywords:

Sosiologi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menunjang hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Wanasaba dengan melakukan implementasi bentuk pembelajaran Problem Based Learning dengan penunjang media video. Penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dengan 2 siklus, tip-tiap siklus mencakup 4 tahap mencakup melakukan perencanaan, melakukan pelaksanaan, melakukan observasi, serta melakukan refleksi, yang mana 1 siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini bisa diambil kesimpulan bahwasanya hasil belajar siswa pada siklus I yakni 61,29% selanjutnya pada siklus II naik yakni 83,87%. Perihal ini berarti terjadi peningkatan yakni 16.12%. Sehingga implementasi bentuk pembelajaran Problem Based Learning dengan penunjang media video ketika mata pelajaran Sosiologi bisa menunjang hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Wanasaba.
Kata Kunci : Problem based learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas,

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Jp Manper), 4(1), 80-86.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Edisi Revisi, Cetakan 8). Jakarta: Bumiaksara.

Astuti, W. W., Sukardi, F. S. F., & Partono, P. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Kelas Viii Smp Pgri 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Aulia, A. R., & Yuliati, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “A Land Of Harmony†Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(3), 67-75.

Dea Widia Utari (2021), Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Smp Negeri 2 Tungkal Uluâ€

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 121-129.

Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020) Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat Application Of Problem-Based Learning Methods To Improve Biology Learning Achievement In Interest Learning.

Larasati, W. R., & Hamidsyukrie, Z. M. (2022). Kesetaraan Gender Ditinjau Dari Akses Pendidikan Dan Pekerjaan Bagi Perempuan Di Dusun Sade Desa Rembitan. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(2), 41-47.

Ningrum, Epon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Ombak

Nuraeni, S. D., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt. Niion Indonesia Utama Tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (Jpmanper), 1(1), 128-135.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students’ Learning Interest And Motivation On Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Utari, D. W., Badariah, B., & Putra, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Wadi, H., Hamidsyukrie, H., Sukardi, S., Suryanti, N. M. N., Handayani, N., & Masyhuri, M. (2020). Pendampingan Inovasi Pembelajaran Ips Hots Pola Lesson Study For Learning Community Di Smp 14 Mataram. Prosiding Perpadu, 2, 179-187.

Wadi, H., Sukardi, S., Suryanti, N. M. N., & Handayani, N. (2021, May). Innovation Of Learning Social With Lslc To Develop Students’ Hots Ability At Junior High School 14 Mataram. In 2nd Annual Conference On

Widyawati, R. (2017). Evaluasi pelaksanaan program inklusi sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.

Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, Eka. 2017. Metodologi Pembelajaran Ipa. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles