Analisis kebutuhan google sites dalam Gerakan Literasi Sekolah di sekolah dasar

Authors

  • Nur'aini Nur'aini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ahmad Mulyadiprana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18353

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Google Sites, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk memaparkan hasil analisis terhadap kebutuhan google sites dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan observasi terhadap guru dan peserta didik Sekolah Dasar di salah satu kota di Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di beberapa Sekolah Dasar, hambatan dalam melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah adalah kurangnya jumlah dan variasi buku bacaan untuk digunakan oleh peserta didik. Dalam melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah, hampir semua media yang digunakan adalah media fisik. Belum ada penggunaan buku digital, meskipun pihak sekolah merasa buku fisik masih terbatas dan tidak variatif. Oleh karena itu, implikasi penelitian ini, yaitu perlu dikembangkan media atau perangkat digital untuk menyediakan buku-buku digital yang variatif, menarik, dan mudah diakses oleh peserta didik. Alternatif media digital yang dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar adalah media berbasis web, yaitu google sites.

References

Agustini, A., & Apriliya, S. (2022). Analisis Komponen (Level Kognitif) Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Pada Latihan Soal AKM Pusmenjar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 507–520. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53972

Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Mayani (Ed.), Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (P. Wiedarti & K. Laksono (eds.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf

Fauziyah, R., & Rahma, R. (2020). Optimalisasi Cerpen Digital Berbasis Web sebagai Alternatif Media Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 435–438. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Hartini, Y., Apriliya, S., Saputra, E. R., & Mulyadi, S. (2023). Evaluasi Program Gerakan Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 110–120.

Kalyan, K. (2020). Creating a Library portal by using Google sites. Journal of Advances in Library and Information Science, 9(2), 46–52. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703/9143%0Ahttps://sites.google.com/view/fisikakuyess.

Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2), 199–210.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216–231. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148

Ramafrizal, Y., & Somadi, T. J. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Baca Siswa terhadap Efektivitas Pembelajaran (Survey Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung tahun ajaran 2021-2022). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 72–82.

Rizky. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Literasi Digital Berbasis Website untuk Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. In M. Yusa, A. Hadinegoro, & A. Fatkhurohman (Eds.), Implementasi Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat (pp. 193–198). Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/viewFile/2303/2106

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Mayani (Ed.), Kemdikbud. Tim GLN Kemendikbud.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD Publishing. www.oecd.org/pisa

Slam, Z. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis West Java Leader’s Reading Challange. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(1), 59–79. https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.25

Sopiany, H. N., Nur, I. R. D., & Badriyah, S. (2023). Pendampingan Pembuatan LMS Berbasis Literasi pada Google-sites sebagai Bentuk Penguatan GLS pada Tahap Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 169–177. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.361

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti, 18–26. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li#:~:text=Seharusnya sebagai sebuah tes dengan,pelaksanaannya ditunda menjadi tahun 2022.

Yunita, N., & Apriliya, S. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak di Rumah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 97–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i1.53050

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles