Analisis kebutuhan google sites dalam Gerakan Literasi Sekolah di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18353Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Google Sites, Sekolah DasarAbstract
References
Agustini, A., & Apriliya, S. (2022). Analisis Komponen (Level Kognitif) Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Pada Latihan Soal AKM Pusmenjar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 507–520. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53972
Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Mayani (Ed.), Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (P. Wiedarti & K. Laksono (eds.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf
Fauziyah, R., & Rahma, R. (2020). Optimalisasi Cerpen Digital Berbasis Web sebagai Alternatif Media Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 435–438. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Hartini, Y., Apriliya, S., Saputra, E. R., & Mulyadi, S. (2023). Evaluasi Program Gerakan Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 110–120.
Kalyan, K. (2020). Creating a Library portal by using Google sites. Journal of Advances in Library and Information Science, 9(2), 46–52. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703/9143%0Ahttps://sites.google.com/view/fisikakuyess.
Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(2), 199–210.
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216–231. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148
Ramafrizal, Y., & Somadi, T. J. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Baca Siswa terhadap Efektivitas Pembelajaran (Survey Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung tahun ajaran 2021-2022). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 72–82.
Rizky. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Literasi Digital Berbasis Website untuk Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. In M. Yusa, A. Hadinegoro, & A. Fatkhurohman (Eds.), Implementasi Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat (pp. 193–198). Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/viewFile/2303/2106
Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Mayani (Ed.), Kemdikbud. Tim GLN Kemendikbud.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD Publishing. www.oecd.org/pisa
Slam, Z. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis West Java Leader’s Reading Challange. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(1), 59–79. https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.25
Sopiany, H. N., Nur, I. R. D., & Badriyah, S. (2023). Pendampingan Pembuatan LMS Berbasis Literasi pada Google-sites sebagai Bentuk Penguatan GLS pada Tahap Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 169–177. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.361
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti, 18–26. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li#:~:text=Seharusnya sebagai sebuah tes dengan,pelaksanaannya ditunda menjadi tahun 2022.
Yunita, N., & Apriliya, S. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak di Rumah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 97–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i1.53050
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.