Pengaruh komik pancasila berbantuan metode role playing terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di sekolah dasar

Authors

  • Lita Musqiroh Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18405

Keywords:

Bermain Peran, Komik, Nilai Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku Komik Pancasila berbantuan metode Role Playing terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamenak Indah pada bulan Februari-Maret 2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimen dengan design one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Sampel penelitian yaitu 27 orang peserta didik kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda dan dokumentasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors dengan teknik Shapiro Wilk, uji homogenitas dengan menggunakan levenes statistic. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent samples T-Test. Setelah dilakukan pengujian dapat diperoleh thitung sebesar 3,720. Sedangkan ttabel  2,036. Dengan kata lain thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media buku Komik Pancasila berbantuan metode Role Playing terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila di kelas V SDN Sukamenak Indah.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmaroini, A.P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Martayadi, U., & Marzuki, M. (2019). Kefektifan Metode Role Playing untuk Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 13-21.

Muttaqin, Z., & Wahyun, W. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 27-35.

Pembukaan Undang-Undang Dasar. (1945).

Punggeti, R. N., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi di SDN Balaban Sumenep. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 243-256.

Safitri, A. O., & Dewi, D. A. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Implementasinya dalam Berbagai Bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88-94.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (cet,5). PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Waluyanto, Heru Dwi . (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana. Vol.7, No. 1, pp, 45-55.

Wurianto, E. (2009). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidik, 7 (1), 45-55.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles