Pengaruh komik pancasila berbantuan metode role playing terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18405Keywords:
Bermain Peran, Komik, Nilai PancasilaAbstract
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmaroini, A.P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.
Martayadi, U., & Marzuki, M. (2019). Kefektifan Metode Role Playing untuk Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 13-21.
Muttaqin, Z., & Wahyun, W. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 27-35.
Pembukaan Undang-Undang Dasar. (1945).
Punggeti, R. N., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi di SDN Balaban Sumenep. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 243-256.
Safitri, A. O., & Dewi, D. A. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Implementasinya dalam Berbagai Bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88-94.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (cet,5). PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Waluyanto, Heru Dwi . (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana. Vol.7, No. 1, pp, 45-55.
Wurianto, E. (2009). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidik, 7 (1), 45-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.