Peningkatan hasil belajar satuan panjang kelas II SDN Babarsari melalui media pembelajaran tangga satuan panjang

Authors

  • Netha Putri Voliani Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18473

Keywords:

hasil belajar, media pembelajaran, satuan panjang

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik muatan Matematika materi satuan panjang kelas II SD Negeri Babarsari yang masih rendah, sehingga diperlukan perbaikan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi satuan panjang kelas II SD Negeri Babarsari melalui media pembelajaran tangga satuan panjang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Babarsari dengan jumlah 27 peserta didik. Desain penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Targgart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 43,6 meningkat menjadi 60,4 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 74,2 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tangga satuan panjang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi satuan panjang kelas II SD Negeri Babarsari Yogyakarta.

References

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Serang. 2 (1), 586-595.

Balaweling, F. Y., Mbari, M. A. F., & Yufrinalis, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang melalui Media Tangga Pintar pada Peserta Didik Kelas III SD. Journal on Education, 5(3), 9115-9123.

Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Hidayat, R., & Abdillah, S. A. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinyaâ€. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Jonkenedi, J. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. BASIC EDUCATION, 6(6), 590-598.

Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (Smart Stair) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Satuan Alat Ukur. Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah, 3(1), 24– 31

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rizkyani, M. I., & Amelia, W. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IIB SDN KAYURINGIN JAYA VI BEKASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 141-148.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles