Desain buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter bijak bertindak di kelas III sekolah dasar

Authors

  • Hesti Novianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18785

Keywords:

Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya rancangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter bijak bertindak di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan rancangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal. Menumbuhkan karakter harus sesuai dengan perkembangan anak agar menjadi lebih efektif. Anak usia sekolah dasar berada di tahap operasional konkret, maka penggunaan buku cerita bergambar sangat penting perannya sebagai media dalam menunjang pemahaman anak terutama tentang moral. Buku cerita yang digunakan biasanya cerita yang tersedia dalam buku tematik siswa yang kurang dalam memvisualisasikan cerita dengan jelas dan tidak memasukan unsur kearifan lokal, sehingga tidak menarik perhatian anak. Media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal termasuk hal penting dalam menumbuhkan karakter anak yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran sekaligus mengenal kearifan lokal setempat, sebagaimana fungsi dari media adalah sebagai perantara untuk memudahkan penyampaian informasi dalam proses pembelajaran. Diharapkan buku cerita ini dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna. Pada penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) model Reeves. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan data tersebut, didapatkan solusi untuk merancang buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan karakter bijak bertindak yang divalidasi dan mendapatkan kelayakan serta memenuhi kriteria yang dapat digunakan peserta didik.

References

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989-992. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337

Aprilya, S. (2017). Riset Kolaborasi Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Kearifan Lokal Berpendekatan Sastra Didaktis sebagai Penguatan Kompetensi Guru Skolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGS UMS Dan HDPGSDI Wilayah Jawa, 433-439.

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95-104.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Febriani, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Dongeng Banyumas bagi Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Noor, M. A. (2022). Kebudayaan Dalam Kependidikan.

Nurgiyantoro, B. (2005). Satra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nusantara, R. (2023, 16 Januari). “Bercanda Berujung Maut, Siswa MTs di Grobongan Tewas Dihajar Teman Sekolahâ€. iNews.

Patria, A. S. (2018). Gambar Ilustrasi Buku Sekolah Dasar Ditinjau dari Teori Psikologi Persepsi.

Plomp, T. (2010). An Introductional to Educational Design Research. hlm. 1-126.

Sari, V. K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles