Pengembangan media kartu truth or dare pada materi ekosistem kelas V SDN 2 Sukaraja

Authors

  • Lina Karlina Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18838

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Truth or Dare.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu Truth or Dare dan mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada pembelajaran IPA materi Ekosistem di kelas V SDN 2 Sukaraja. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian Design and Development (D&D) atau disebut juga desain dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 98,7% ahli media 94,1% dan ahli pembelajaran 95%. Hasil respon peserta didik mencapai 85,95% yang termasuk dalam kategori interpretasi “Sangat Baik†berdasarkan skala Likert. Hasil validasi ahli materi, media dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu Truth or Dare sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan adanya ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran kartu Truth or Dare.

References

Attaqiana, M. R., Saptorini, S., & Binadja, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Bervisi Sets Guna Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2).

Fanny, C. D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 108-121.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 17-28.

Nasrudin, N., Kartini, K., & Kusnadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare Kelas V SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 2(1), 47-56.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Majid, Abdul. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Rahayu, W. (2019). Penggunaan Media Truth or Dare Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sidoarjo. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 7(2).

Rizqiyah, N. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p.

Tarigan, D., & Saskia, E. (2019). Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare (Tod) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. In SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED (Vol. 2, No. 1, pp. 84-95).

Undang-undang Standar Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2013, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles