Analisis kemampuan disposisi matematis peserta didik kelas IV pada materi KPK dan FPB di sekolah dasar

Authors

  • Wulan Ajeng Lestari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ika Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18839

Keywords:

Disposisi Matematis, KPK dan FPB, Sekolah Dasar

Abstract

Disposisi matematis sangatlah menunjang keberhasilan belajar matematika. Peserta didik memerlukan disposisi matematis untuk menghadapi masalah, memupuk tanggung jawab dalam belajar, dan mengembangkan kebiasaan kerja yang baik. Namun kenyataannya, peserta didik belum sepenuhnya menerapkan disposisi matematisnya dalam pembelajaran matematika, hal tersebut dikarenakan tidak adanya keinginan dari peserta didik sendiri, dan kurangnya perhatian dari guru di sekolah. Dari masalah tersebut, peneliti menganalisis disposisi matematis peserta didik di kelas IV pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan disposisi matematis peserta didik kelas IV pada materi KPK dan FPB di sekolah dasar sudah cukup telihat walaupun terdapat peserta didik yang belum menanamkan dan memperlihatkan sikap positifnya dalam materi KPK dan FPB. Dari kelima aspek disposisi matematis yang sudah dipaparkan, aspek rasa ingin tahu yang paling banyak terlihat dari diri peserta didik dan yang belum muncul/terlihat yaitu aspek prasa percaya diri. Untuk pemerolehan presentasenya antara lain (1) Aspek rasa percaya diri presentasenya 48,7%, (b) Aspek fleksibel presentasenya 49,6%, (c) Aspek tekun presentasenya 61,2%, (d) Aspek rasa ingin tahu presentasenya 77,6%, dan (e) Aspek berbagi dengan orang lain presentasenya 76,1%. Selanjutnya terkait perbedaan antara level kognitif peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran lain dengan mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB memiliki sedikit perbedaan dan berada dalam level sedang.

 

References

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Andriatna, R. (2021). Disposisi Matematik Guru Matematika pada Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 91–104. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1015

Aziz, M. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan pada Koperasi

Mahasiswa UIN Maliki Malang ( Bab III Metode penelitian). Skripsi, 74–78. http://etheses.uin- malang.ac.id/id/eprint/1960

Ermayasari, E., & Yadi, F. (2013). Hubungan Antara Ranah Afektif Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sistem Pengelasan Di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Ejournal.Unsri.Ac.Id, 116–130.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hamidah, M., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–380

Imtihan, Nurul ; Darmiyati Zuchdi, ; Istiyono Edi. (2017). Analisis problematika penilaian afektif

peserta didik madrasah aliyah. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana, 6, 63–80.

Kintani, Y., Ali, M., & Endang, B. (2013). Sikap Percaya Diri Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(10), 1–11.

Mufidah, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding, 20, 23–28.

https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1007

Mukhlisin, & Ibrahim. (2021). Review of mathematics learning resilience and mathematical disposition on mathematics learning outcomes of junior high school students. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 1–10.

Musriani, V. (2020). Penyebab Perilaku Kurang Percaya Diri Saat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Tanggul. Skripsi ; Universitas Muhammadiyah Jember

Raharjo, I. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101

Ratih Widyaningrum. (2013). Peningkatan Rasa Ingin Tahu. Fkip Ump, 3–4.

Thalib, S. B. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dan Harga Diri dengan Kemampuan Bergaul Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 89–100

Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade Pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles