Analisis bibliometrik penelitian teknologi pendidikan pada publikasi ilmiah terindeks google scholar

Authors

  • Aliya Dewi Kanaya Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18840

Keywords:

Analisis Bibliometrik, Teknologi Pendidikan, Google Scholar, VOSViewer

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap perkembangan publikasi yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik dengan menggunakan aplikasi VOSViewer. Aplikasi Publish or Perish digunakan untuk mendapatkan data terkait jurnal yang terindeks oleh Gooogle Scholar, menghasilkan 927 artikel yang berkaitan dengan teknologi pendidikan dari tahun 2018 hingga 2023. Tahun 2018 sebanyak 267 artikel, tahun 2019 sebanyak 202 artikel, tahun 2020 sebanyak 319 artike, tahun 2021 sebanyak 96 artikel, tahun 2022 sebanyak 34 artikel, dan tahun 2023 sebanyak 9 artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan artikel tentang teknologi pendidikan yang terjadi pada tahun 2018 hingga 2020. Namun mengalami penurunan dari tahun 2021 hingga 2023. Topik terkini yang sering dibahas selain kata kunci terkait dalam pencarian adalah education, virtual reality, covid, medical education, knowledge, online. Namun ada beberapa topik yang jarang dibahas seperti technology education, information, teacher education, communication technology, ICT, sehingga dapat menjadi topik bagi peneliti lain untuk mengembangkan fokus penelitian.

Author Biography

Aliya Dewi Kanaya, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya

Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya

References

Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451

Al Husaeni, D. F., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Bibliometric Computational Mapping Analysis of Publications on Mechanical Engineering Education Using Vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135–1149.

Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 25–36. http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2022.12

Busro, B., Mailana, A., & Sarifudin, A. (2021). Pendidikan Islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 413–426. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1591/800

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133(March), 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070

Doyle, A., Seery, N., & Gumaelius, L. (2019). Operationalising pedagogical content knowledge research in technology education: Considerations for methodological approaches to exploring enacted practice. British Educational Research Journal, 45(4), 755–769. https://doi.org/10.1002/berj.3524

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551

Farrukh, M., Meng, F., Raza, A., & Tahir, M. S. (2020). Twenty-seven years of Sustainable Development Journal: A bibliometric analysis. Sustainable Development, 28(6), 1725–1737. https://doi.org/10.1002/sd.2120

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111

Glaè Nzel, W., & Schoep¯in, U. (1999). A bibliometric study of reference literature in the sciences and social sciences p. Information Processing and Management, 35, 31–44.

Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/677

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Hashim, H. (2018). Application of Technology in the Digital Era Education. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.24036/002za0002

Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A. (2021). Filsafat pendidikan dan perkembangannya: kajian bibliometrik berdasarkan database Scopus [Philosophy of education and its development: bibliometric studies based on scopus database]. Belantika Pendidikan, 4(1), 44–56.

Lestari, D. R., Josephine, W., & ... (2023). Analisis Bibliometrik Perkembangan Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Menggunakan VOSViewer. Jurnal Ilmu …, 194–204. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/1586%0Ahttp://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/download/1586/1054

Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H. K., & Dasari, D. (2022). Analisis Bibliometrik: Penelitian Augmented Reality Dalam Pendidikan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 141. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13818

Nawangsari, A. T., Junjunan, M. I., & Mulyono, R. D. A. P. (2020). Sustainability Reporting: Sebuah Analisis Bibliometrik Pada Database Scopus. Journal of Applied Accounting and Taxation, 5(2), 137–157. https://doi.org/10.30871/jaat.v5i2.2182

Purwanto, A., Asbari, M., & Julyanto, O. (2021). Pelatihan Publikasi di Jurnal International Bereputasi Pada Dosen Universitas Faletehan. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 01(01), 18–24. http://www.jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/5

Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3, S45–S47. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.169

Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. Marine Research in Indonesia, 25(4), 63–68.

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education, 50(4), 1183–1202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007

Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review. Open Journal of Social Sciences, 08(10), 159–170. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011

Winardi, M. B. S., Rohman, M. C., Rasyid, M. Y. R., Putra, A. A., & Dharma, F. A. (2022). Bibliometric Analysis The Effect of Health Protocol Social Marketing Communications on New Adaptations Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 51–55. https://doi.org/10.21070/kanal.v10i2.1670

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles