Analisis bibliometrik penelitian teknologi pendidikan pada publikasi ilmiah terindeks google scholar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18840Keywords:
Analisis Bibliometrik, Teknologi Pendidikan, Google Scholar, VOSViewerAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap perkembangan publikasi yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik dengan menggunakan aplikasi VOSViewer. Aplikasi Publish or Perish digunakan untuk mendapatkan data terkait jurnal yang terindeks oleh Gooogle Scholar, menghasilkan 927 artikel yang berkaitan dengan teknologi pendidikan dari tahun 2018 hingga 2023. Tahun 2018 sebanyak 267 artikel, tahun 2019 sebanyak 202 artikel, tahun 2020 sebanyak 319 artike, tahun 2021 sebanyak 96 artikel, tahun 2022 sebanyak 34 artikel, dan tahun 2023 sebanyak 9 artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan artikel tentang teknologi pendidikan yang terjadi pada tahun 2018 hingga 2020. Namun mengalami penurunan dari tahun 2021 hingga 2023. Topik terkini yang sering dibahas selain kata kunci terkait dalam pencarian adalah education, virtual reality, covid, medical education, knowledge, online. Namun ada beberapa topik yang jarang dibahas seperti technology education, information, teacher education, communication technology, ICT, sehingga dapat menjadi topik bagi peneliti lain untuk mengembangkan fokus penelitian.References
Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451
Al Husaeni, D. F., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Bibliometric Computational Mapping Analysis of Publications on Mechanical Engineering Education Using Vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135–1149.
Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 25–36. http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2022.12
Busro, B., Mailana, A., & Sarifudin, A. (2021). Pendidikan Islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 413–426. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1591/800
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133(March), 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070
Doyle, A., Seery, N., & Gumaelius, L. (2019). Operationalising pedagogical content knowledge research in technology education: Considerations for methodological approaches to exploring enacted practice. British Educational Research Journal, 45(4), 755–769. https://doi.org/10.1002/berj.3524
Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551
Farrukh, M., Meng, F., Raza, A., & Tahir, M. S. (2020). Twenty-seven years of Sustainable Development Journal: A bibliometric analysis. Sustainable Development, 28(6), 1725–1737. https://doi.org/10.1002/sd.2120
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111
Glaè Nzel, W., & Schoep¯in, U. (1999). A bibliometric study of reference literature in the sciences and social sciences p. Information Processing and Management, 35, 31–44.
Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/677
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hashim, H. (2018). Application of Technology in the Digital Era Education. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.24036/002za0002
Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A. (2021). Filsafat pendidikan dan perkembangannya: kajian bibliometrik berdasarkan database Scopus [Philosophy of education and its development: bibliometric studies based on scopus database]. Belantika Pendidikan, 4(1), 44–56.
Lestari, D. R., Josephine, W., & ... (2023). Analisis Bibliometrik Perkembangan Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Menggunakan VOSViewer. Jurnal Ilmu …, 194–204. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/1586%0Ahttp://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/download/1586/1054
Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H. K., & Dasari, D. (2022). Analisis Bibliometrik: Penelitian Augmented Reality Dalam Pendidikan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 141. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13818
Nawangsari, A. T., Junjunan, M. I., & Mulyono, R. D. A. P. (2020). Sustainability Reporting: Sebuah Analisis Bibliometrik Pada Database Scopus. Journal of Applied Accounting and Taxation, 5(2), 137–157. https://doi.org/10.30871/jaat.v5i2.2182
Purwanto, A., Asbari, M., & Julyanto, O. (2021). Pelatihan Publikasi di Jurnal International Bereputasi Pada Dosen Universitas Faletehan. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 01(01), 18–24. http://www.jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/5
Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3, S45–S47. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.169
Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. Marine Research in Indonesia, 25(4), 63–68.
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education, 50(4), 1183–1202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007
Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review. Open Journal of Social Sciences, 08(10), 159–170. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011
Winardi, M. B. S., Rohman, M. C., Rasyid, M. Y. R., Putra, A. A., & Dharma, F. A. (2022). Bibliometric Analysis The Effect of Health Protocol Social Marketing Communications on New Adaptations Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 51–55. https://doi.org/10.21070/kanal.v10i2.1670
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.