Model pembelajaran SPADE sebagai solusi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi geometri di sekolah dasar

Authors

  • Adinda Novita Andhini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Karlimah karlimah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ika Fitri Apriani Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18996

Keywords:

Systematic Literature Review, Hasil Belajar, Pembelajaran Geometri, Model SPADE, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran mateatika khususnya materi geometri merupakan salah satu indikator masalah pembelajaran. Ketika seorang peserta didik tidak memenuhi standar pencapaian tertentu dalam tujuan pembelajarannya, maka peserta didik tersebut dianggap memiliki masalah belajar. Model pembelajaran SPADE sebagai model inovasi dinilai mampu memberikan nuansa baru dalam proses pembelajaran matematika karena dianggap mampu memberikan pembelajaran yang jauh lebih mudah untuk dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan model pembelajaran SPADE terhadap hasil belajar peserta didik pada maeri geometri di Sekolah Dasar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan secara sistematis dengan mendokumentasikan semua artikel yang relevan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukan 5 studi yang membahas mengenai model pembelajaran SPADE dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SPADE. Berdasarkan hasil studi literatur riview dapat diambil kesimpulan model pembelajaran SPADE mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Dengan penggunaan model pembelajaran SPADE akan membantu peserta didik dalam memperjelas pemahaman mengenai suatu konsep matematika yang diajarkan. Melalui pembelajaran menggunakan model pembelajaran SPADE, akan terwujudnya lingkungan belajar yan menyenangkan. Dengan begitu, peserta didik akan mengikuti pembelajaran dengan baik dan akan berdampak pada peningkatan pemahaman peserta didik terkait materi yang disampaikan dan hasil belajar yang akan diperoleh oleh peserta didik.

References

Agustin, P. S., & Nur’aeni L, E. (2020). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Desain Didaktis Keliling Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran Spade. 7(2), 33–41.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Bandung : Yrama Widya

Lisdiana, V. R., Ganda, N., & Apriani, I. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SPADE terhadap Hasil Belajar Siswa: Tinjauan Literatur Sistematis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1045-1056.

Nur’aeni, Epon. (2010). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru, 1(2), 28–34.

Nur’aeni L, E., Muharram, M. R. W., Pranata, O. H., & Apriani, I. F. (2018). SPADE : Model Pembelajaran Geometri Berbasis Permainan Tradisional Kampung Naga. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 204–211.

Nur’aeni, E., Pranata, O. H., Rijal, M., & Apriani, I. F. (2020). Indonesian Journal Of Primary Education Spade : Model Pembelajaran Geometri Di Sekolah Dasar. 4(2), 204–211.

Nurfadilah, S. S., Nur’aeni, E., & Nur, L. (2020). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Desain Didaktis Model Pembelajaran Luas Daerah Jajar Genjang Berbasis Spade. 7(4), 154–166.

Nurhalimah, S., Nur’aeni L, E., & Nugraha, A. (2020). Desain Didaktis Sifat-Sifat Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran Spade Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 235–245.

Pitria, P. L, E., & Muharram, M.(2021). Model Pembelajaran Spade: Solusi Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Geometri di Sekolah Dasar (Tinjauan Sistematis). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 120.

Suwito, A. (2018). Analisis berpikir secara geometri dalam menyelesaikan masalah aljabar pada kelas viii. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 64–69.

Syarifuddin, dkk. (2019). Guru Mari Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Tiana, F. S., Suryana, Y., & Apriani, I. F. Systematic Literature Review: Model Pembelajaran SPADE terhadap Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Geometri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1015-1024.

Verner, I., Massarwe, K., Bshouty, D. (2019). Development of competencies for teaching geometry through an ethnomathematical approach. Journal of Mathematical Behaviour.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles