Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.19227Keywords:
Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Puisi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 10 tahun terakhir (2013-2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penggunaan media mind mapping begitu efektif dan efisien, sehingga mampu memberikan daya tarik dari siswa untuk fokus dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
References
Amalia, F. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI. Joyful Learning Journal, 10(2), 96-100.
Asbar, R. (2020). KAJIAN LITERATUR TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 3(2l), 225-236.
Aulia, N. D., Fitriana, A. N., & Hajron, K. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ketangi. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1685-1692.
Dahliana, D., Taufina, T., Nasrul, S., & Sukandar, W. (2019). Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 17-27.
Istiyati, S., & Poerwanti, J. I. (2016). PENGGUNAAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).
Kemendikbud.2013.Permendikbud no 81 A Tahun 2013 . Jakarta: Kemendikbud.
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.
Ratih, M., & Taufina, T. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS V SD. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 170-184.
Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7140-7156.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Setyarini, D. (2019). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30-44.
Slamet. St. Y. & Suwarto. 2007. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press.
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taufina. 2015. Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di SD. Padang : Sukabina Press.
Tjahjono, H., K. (2018). Studi Literatur Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Pada Konsekuensinya Dengan Teknik Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 35(1), 21–40.
Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). EFEKTIFITAS MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 351-366.
Winarni, R. (2013). PENGGUNAAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI. Didaktika Dwija Indria, 1(1).
Yulianti, M. P. D. (2014). PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI. Didaktika Dwija Indria, 3(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.