Pengembangan e-modul berbasis flipbook dengan penguatan karakter cinta tanah air pada materi IPS kelas IV sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.19514Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan IPA tema 7 subtema 1 yang valid menurut ahli materi, ahli bahan ajar, dan guru serta praktis dan menarik menurut siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan berupa kurangnya media pembelajaran untuk daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil pengisian angket validasi ahli materi, ahli bahan ajar, guru, serta angket respon siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli materi, ahli bahan ajar, guru, dan siswa. Nilai kevalidan produk e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar diperoleh sebesar 100% oleh ahli materi, 100% oleh ahli bahan ajar, dan 93% oleh guru dengan semua masuk kategori sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh rata-rata sebesar 100% dimana semua siswa mendapat skor di atas 75. E-modul dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria pada pengujian dengan kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind map dengan penguatan karakter kemandirian belajar pada muatan IPA tema 7 subtema 1 sangat valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya materi dalam e-modul dikaitkan dengan muatan lain.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.