Analisis disiplin belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

Authors

  • Delistina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nana Ganda Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19656

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan aspek penting dan mutlak dalam mengembangkan pengendalian diri siswa selama proses pembelajaran, dan kedisiplinan salah satu prosedur dalam keberhasilan pendidikan, hal ini memungkinkan baik atau tidaknya kedisiplinan belajar siswa. Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn di SDN Burujul Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis pengumpulan datanya menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Menguji keabsahan menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar saat pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa tergolong cukup baik, kedisiplinan siswa terlihat dari banyaknya aturan yang diterapkan dapat ditaati, diantaranya: Datang tepat waktu, berpakaian seragam lengkap, memperhatikan dan mematuhi guru saat belajar, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Adapun kurangnya kedisiplinan belajar siswa pada saat pembelajaran PPKn yaitu siswa terkadang gaduh dan mengganggu siswa lain. Kendala guru dalam penanaman kedisiplinan, diantaranya: (1) siswa sering mengalami kesalahan yang sama, (2) siswa susah diatur (3) siswa sudah mengenal gadget. Hal tersebut karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, yaitu: (1) situasi dan kondisi, (2) lingkungan, (3) kurang kesadaran siswa, (4) keluarga. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan kedisiplinan yaitu: (1) memberikan bimbingan dan arahan, (2) memberikan contoh keteladanan yang baik, dan (3) memberikan sanksi dan reward.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles