Peningkatan keterampilan literasi membaca dan menulis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran reciprocal teaching berbantuan multimedia digital storytelling

Authors

  • Silva Fadilah Suparman STKIP Bina Mutiara
  • Yoesrina Novia Vini Syafitri STKIP Bina Mutiara
  • Nurani Hadnistia Darmawan STKIP Bina Mutiara
  • Hilman Hilmawan STKIP Bina Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.20694

Abstract

Peningkatan keterampilan literasi membaca dan menulis siswa sekolah dasar melalui implementasi pembelajaran yang relevan dan inovatif merupakan agenda yang urgen dalam upaya mengoptimalkan potensi siswa supaya dapat menjawab tantangan keterampilan abad ke-21. Keterampilan membaca memiliki peran yang strategis dalam kehidupan terutama dalam memilah, mencerna informasi secara kiritis, sehingga terhindar dari informasi yang bersifat hoaks. Keterampilan menulis juga penting karena siswa akan memiliki kemampuan dalam mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaannya, sehingga terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan literasi membaca dan menulis siswa sekolah dasar melalui implementasi pembelajaran reciprocal teaching berbantuan multimedia digital storytelling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi-experimental dengan rancangan nonequivalent (pre-test and post-test) control-group design. Data hasil penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes dalam bentuk soal dan unjuk kerja. Adapun subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas IV di salahsatu Sekolah Dasar Negeri di Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi membaca dan menulis siswa sekolah dasar melalui pembelajaran reciprocal teaching berbantuan multimedia digital storytelling mengalami peningkatan. Perolehan hasil uji t yang dilakukan yaitu 0.00 < α = 0.05, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan multimedia digital storytelling ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan literasi membaca dan menulis siswa. Berdasarkan hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata nilai n-gain sebesar 0.67 untuk keterampilan membaca dan 0.59 untuk keterampilan menulis yang mengindikasikan bahwa peningkatan kedua keterampilan tersebut berada pada kategori sedang.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles