Pengaruh metode quantum writing berbantuan big book terhadap kemampuan menulis paragraf narasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.21232Abstract
Indonesia menempati posisi 60 dari 61 negara dengan budaya literasi terendah. Hal ini dibuktikan dengan banyak siswa sekolah dasar yang kesulitan menyusun kata menjadi kalimat atau mengelompokkan beberapa kalimat menjadi satu paragraf. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Indonesia, antara lain: (1) kemampuan menulis sangat rendah; (2) minat menulis siswa sangat rendah; (2) guru lebih banyak mengajar teori menulis daripada siswa berlatih menulis; (4) membatasi penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran menulis; (5) siswa menganggap pembelajaran bahasa Indonesia tidak menarik dan sangat membosankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran proses penerapan metode quantum writing serta hasil kemampuan menuis dengan menerapkan metode tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu penelitian eksperimen (analisis kuantitatif). Data kuantitatif meliputi data hasil pretest dan posttest kemampuan menulis paragraf siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penerapan metode quantum writing mampu meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa disesuaikan dengan usia perkembangan siswa serta alat pendukung yaitu big book.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.