Pengaruh media pembelajaran benda nyata terhadap pemahaman konsep bangun ruang
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22462Abstract
Matematika dianggap sebagai sebuah ilmu universal yang mendasari ilmu pengetahuan lainnya. Besarnya manfaat belajar matematika tidak serta merta meningkatkan minat siswa dalam mempelajarinya. Masih banyak siswa memiliki persepsi bahwa matematika sulit dan membosankan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran media nyata terhadap pemahaman konsep bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang pada tanggal 12 Oktober 2023 dengan responden ialah semua siswa kelas 1 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa 10 pertanyaan. Hasil pretest yaitu nilai mean 58 dan posttest yaitu nilai median 90. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon juga menunjukkan p value = 0,000 (<0,05), sehingga disimpulkan ada pengaruh media pembelajaran benda nyata terhadap pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas 1.
Kata Kunci: Bangun ruang, benda nyata, pemahaman
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.