APPLICATION OF EXPERIMENTAL METHODS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES CLASS V STUDENTS ON SCIENCE LEARNING ABOUT LIGHT PROPERTIES
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v1i2.2256Keywords:
Experiments, learning outcomes, properties of light, studentsAbstract
References
Abdullah. 1998. Pendidikan Teoritis IPA. Jakarta : Kanisius.
Anitah, Sri. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arifin Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Cartono, Ibrahim Yusuf. 2010. Bahan Ajar Konsep Dasar IPA SD. Bandung: Prisma Press Prodaktama
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta : Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud
Djamarah, dan zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrahman Pupuh dan Sutikno Sobry. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama
Huda, Miftakhul. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Gaya Bagi Siswa Kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Repo.iain-tulungagung.ac.id.
Iskandar, Srini M. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: DIKTI.
Kemendikbud. (2013). Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.
Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi dan kemampuan awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta : Delia Press
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Poedjiadi, A. 2006. Dasar – Dasar Biokimia. Edisi Revisi. Jakarta: UI - Press.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah. 2012. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2004. Metode Riset. Jakarta : Rineka Cipta
Rusli Lutan. (2000). Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Afabeta.
Sakdiyah. 2010. Kemampuan Guru IPS Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Efektif Pada SMP Neg.1 Darussalam Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 7 (2):1693-4849
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: Indeks.
Subagia, IGL Wiratma. 2008. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha. Vol. 41 No. 2 Th ILI.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.
Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian tindakan kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sumantri, Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Susdamayanti, Rini. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bandung 3 Bangkalan. Pedagogia Vol. 3 No. 2.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Widoyoko, Eko Putro . 2009. Evaluasi program pembelajaran, Panduan praktis bagi Pendidikan dan calon pendidik. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Witarsa, R. 2011. Analisis Kemampuan Inkuiri Guru Yang Sudah Tersertifikasi Dan Belum Tersertifikasi Dalam Pembelajaran Sains SD. Jurnal Edisi khusus No. 2 Agustus 2011. ISSN 1412-565X