Pengembangan media pop-up book pada materi daur hidup hewan untuk siswa sekolah dasar

Authors

  • Dewi Sinta Nurparidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23038

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengadaan serta pengembangan media pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya materi daur hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti merancang serta mengembangkan media pembelajaran pop-up book.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book pada materi daur hidup hewan di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Data dari penelitian ini dikumpulkan dari melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, penilaian para ahli, serta angket respon siswa pada saat uji coba dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media yang dirancang serta dikembangkan sangat layak dan praktis untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles