Analisis efektivitas penerapan model problem based learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD Supriyadi Semarang
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23126Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan kegiatan belajar yang selalu berada di dalam ruang kelas, melakukan tanya jawab, pemberian tugas tertulis, serta pemberian PR (pekerjaan rumah) untuk siswa. Siswa merasa kurang bersosialisasi dengan keadaan sekitar. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional. Ini terbukti dari penuturan guru dan siswa bahwa pembelajaran yang dilakukan masih secara verbal (ceramah) namun tetap diselingi dengan kegiatan tanya jawab dan diskusi sederhana saja. Tujuan penelitian ini menganalisis efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nontes, dengan jenis wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data merupakan sebuah standar yang menunjukkan aktualitas data dari hasil penelitian yang menitikberatkan pada informasi di lapangan. Model Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selama pembelajaran, siswa nampak antusias mengikuti pembelajaran, siswa mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan tertib, saat melakukan penyelidikan siswa nampak mengikuti dengan sungguh-sungguh, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, Model Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.