Pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 95 Palembang

Authors

  • Apriza Selpia Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Melinda Puspita Sari Jaya Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23657

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN 95 Palembang pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang. Rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 95 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan jumlah populasi 66 siswa dan sampel 40 orang. Teknik pengumpulkan data adalah tes dan juga dokumentasi. Teknik uji instrument adalah uji validitas, uji reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang, didapat nilai signifikan 0,000. Dengan kriteria nilai jika nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 95 Palembang.

Kata Kunci: Model PBL, Papan pintar, Hasil Belajar.

 

Abstract

This research is about the low learning outcomes of class II students at SDN 95 Palembang in mathematics lessons. The aim of this research is to determine the effect of the PBL model assisted by smart board media on mathematics learning outcomes for class II SDN 95 Palembang. The formulation of the problem is whether there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on the mathematics learning outcomes of class II students at SDN 95 Palembang. The method used in this research is a true experimental method with a population of 66 students and a sample of 40 people. Data collection techniques are tests and documentation. Instrument testing techniques are validity testing, reliability testing and level of difficulty. Data analysis techniques are, normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of this research show that there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on the mathematics learning outcomes of class II SDN 95 Palembang, with a significant value of 0.000. With the value criteria, if the significant value is smaller than 0.05 then H0 is rejected. Thus, the hypothesis states that there is an influence of the PBL model assisted by smart board media on mathematics learning outcomes for class II at SDN 95 Palembang.

Keywords: PBL model, smart board, learning outcomes.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles