Pengaruh media buaya pintar dan random name pickers terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang

Authors

  • Indah Damayanti Prodi. Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Nurlela Prodi. PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i1.23659

Abstract

Abstrak

Pembelajaran matematika dilakukan secara konvensional tanpa perantara media. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media buaya pintar dan random name picker terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang. Rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh media buaya pintar dan random name picker terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 81 Palembang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only control group design, Populasi 203 siswa kelas II, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 64 orang yaitu, kelas II C DAN II D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni  uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig (2-tailed) yang didapat sebesar 0,000 < 0,05 atau dengan thitung > ttabel yaitu 5.025 > 1,669 artinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media buaya pintar dan random name picker terhadap hasil belajar matematika siswa SD Negeri 81 Palembang

Kata Kunci: Media Buaya Pintar, Random Name Picker, Hasil Belajar.

 

Abtract

Mathematics learning is carried out conventionally without media intermediaries. The aim of the research was to determine the effect of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SD Negeri 81 Palembang. The formulation of the problem is whether there is an influence of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SDN 81 Palembang. The research used a quantitative experimental method with a posttest only control group design. The population was 203 class II students. The sample in this study used a purposive sampling technique consisting of 64 people, namely, class II C AND II D. The data collection techniques used were tests and interviews. . The data analysis technique used is the independent sample t-test. The research results show that the sig (2-tailed) value obtained is 0.000 < 0.05 or with tcount > ttable, namely 5.025 > 1.669, meaning that H0 is rejected. So it can be concluded that there is an influence of smart crocodile media and random name picker on the mathematics learning outcomes of students at SD Negeri 81 Palembang

Keywords: Smart Crocodile Media, Random Name Picker, Learning Results.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles