Analisis keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SDN Sukapura tahun ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.24838Abstract
Kegiatan menulis puisi tidak mudah dilakukan perlu memperhatikan unsur-unsur pembentuk puisi yang terdiri dari tema, tipografi, rima, dan amanat. Penelitian terhadap keterampilan menulis puisi di Kelas V SDN Sukapura belum pernah dilakukan, sehingga tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keterampilan menulis puisi karya peserta didik di kelas V SDN Sukapura. Unsur-unsur puisi yang menjadi fokus penelitian ini diantaranya (1) Kesesuaian tema; (2) Penyusunan tipografi; (3) Penyusunan rima; dan (4) Terdapat amanat. Subjek dilakukan kepada peserta didik kelas V SDN Sukapura yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan dengan mendeskripsikan hasil tulisan puisi peserta didik sesuai unsur-unsur puisi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes tulis berupa penugasan membuat puisi dan teknik dokumentasi. Berdasarkan data yang terkumpul, dapat ditarik sebuah simpulan bahwa dari 12 peserta didik memperoleh jumlah skor keseluruhan 109 dengan rata- rata nilai adalah 9,083. Selain itu dari keempat unsur-unsur puisi yang dianalisis 2 unsur puisi dapat terpenuhi oleh 12 peserta didik dan 2 unsur lainnya telah terpenuhi lebih dari setengah jumlah peserta didik. Maka hal tersebut memenuhi kriteria ketuntasan unsur-unsur puisi yang ditentukan dalam penelitian yang artinya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sudah memenuhi unsur-unsur puisi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sipa Nurhidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.